TPP PNS Pemkab Kolaka Belum Dibayar – Kendari Pos
Kolaka

TPP PNS Pemkab Kolaka Belum Dibayar

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka mengeluhkan belum dibayarnya tambahan penghasilan pegawai (TPP) mereka sejak awal tahun 2020 ini. Padahal, sebelumnya mereka rutin menerima hak tersebut setiap bulan. “Sejak Januari hingga kini Maret kami belum pernah terima TPP. Jadi sudah hampir tiga bulan kami tidak terima TPP,” keluh seorang PNS Pemkab Kolaka, Jumat (13/3).

H. Poitu Murtopo

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolaka, H. Poitu Murtopo yang dikonfirmasi, membenarkan jika TPP PNS memang belum terbayar selama tahun 2020 ini. Namun, ia berjanji tunjangan tersebut akan segera dibayar dalam waktu dekat. “Berdasarkan info dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kolaka, bulan ini TPP itu sudah akan dibayarkan,” kata Poitu, Jumat (13/3).


Menurutnya, mekanisme pembayaran TPP tahun ini berbeda dengan sebelumnya.

Saat ini untuk pembayaran TPP pihaknya harus meminta persetujuan Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Dirjen Keuangan Daerah. Lanjut Poitu, keterlambatan pembayaran TPP kali ini juga disebabkan karena laporan kehadiran PNS yang dikirim oleh setiap SKPD ke BPKAD baru diterima. Apalagi, besaran TPP yang diterima tiap PNS ditentukan oleh kehadiran selama sebulan.

“TPP itu tidak semua PNS dibayarkan penuh dalam sebulan. Tergantung dari kehadirannya. Bahkan bisa saja tidak dibayarkan kalau dalam satu bulan kerja PNS tersebut tiga kali tidak masuk kerja tanpa keterangan,” jelasnya. Poitu mengungkapkan, untuk tahun 2020 ini pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk pembayaran TPP PNS selama delapan bulan. Setelah APBD Perubahan, baru pihaknya mencukupkan menjadi 12 bulan.

“Kami di Pemkab Kolaka ini menganut anggaran berimbang. Kami tidak anggarkan dari awal, 12 bulan sekaligus untuk pembayaran TPP PNS. Karena ada juga program kegiatan prioritas yang dibiayai seperti perbaikan infrastruktur, layanan kesehatan dan sebagainya. Nanti diperubahan anggaran baru kami cukupkan 12 bulan,” jelas Sekab Kolaka. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy