Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah (kiri) saat menyerahkan buku Kecamatan Lambandia dalam Angka pada Camat, Supriadi, kemarin. Tahun ini Pemkab juga akan menuntaskan pengaspalan akses penghubung yang ada di wilayah tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Timur (Koltim), H. Tony Herbiansyah berupaya merealisasikan sejumlah program prioritas usulan masyarakat. Salah satunya, pengaspalan jalan penghubung wilayah Penanggo menuju Atolano di Kecamatan Lambandia. Dana untuk peningkatan jalan tersebut telah dialokasikan melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2020.

“Kita akan akomodasi jika itu sifatnya skala besar yang tidak bisa dikerjakan menggunakan dana desa. Seperti pengaspalan yang membutuhkan dana miliaran rupiah. Tentu dengan kekuatan dana desa tak bisa dikerjakan. Memang jalan penghubung dua wilayah tersebut sangat prioritas dan dibutuhkan orang banyak. Makanya tahun lalu sudah diusulkan dan 2020 ini kita kerjakan,” ungkap Tony Herbiansyah, kemarin.

Ia berharap warga Atulano dan Penanggo tak usah khawatir, karena pekerjaan tersebut sudah dianggarkan dalam APBD Koltim. “Insya Allah tahun ini sudah akan kita aspal mengunakan hotmix,” tandasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Koltim, Bio Mansur, membenarkan ruas Penanggo-Atulano akan dikerjakan tahun ini juga. Pemkab telah menganggarkan dana sekitar Rp 13,6 miliar untuk mengaspal jalan sepanjang 6 kilometer.

“Tender perencanaan sudah selesai. Tinggal tender konstruksi fisik yang sementara dilengkapi berkasnya, kemudian ditayangkan,” jelas Bio Mansur. (c/kus)