Tjahjo Kumolo: ASN yang Bekerja di Rumah Diberikan Tunjangan – Kendari Pos
Nasional

Tjahjo Kumolo: ASN yang Bekerja di Rumah Diberikan Tunjangan

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo didampingi SesmenPAN-RB, Sestama BKN, Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN-RB


KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo telah membuat kebijakan preventif untuk mencegah penyebaran virus korona pada instansi pemerintah, salah satunya merumahkan aparatur sipil negara (ASN).

Tjahjo menegaskan, meski ASN bekerja di rumah atau tempat tinggalnya masing-masing tetap diberikan tunjangan oleh pemerintah.“ASN yang bekerja di rumah (work for home/WFH) tetap diberikan tunjangan kinerja oleh Pemerintah,” kata Tjahjo di kantor Kemenpan RB, Senin (16/3).

Politikus PDI Perjuangan ini menyebut, langkah ASN berkerja di rumah mengingat jumlah pasien positif terinfeksi virus korona atau COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Dia menegaskan, meski bekerja di rumah, bukan berarti libur dari tanggung jawab.

Tjahjo juga meminta, ASN yang bekerja di rumah dapat mengikuti rapat atau pertemuan penting yang harus dihadiri melalui sarana teleconference atau video conference.

“ASN yang bekerja di rumah (WFH) harus berada di rumah/tempat tinggal masing-masing kecuali dalam keadaan mendesak (terkait ketersediaan pangan, kesehatan, keselamatan diri dan keluarga serta harus melaporkannya kepada atasan langsung),” ucap Tjahjo.

Tjahjo pun mengimbau agar ASN yang telah melakukan perjalanan ke negara yang terjangkit Covid-19 atau yang pernah berinteraksi dengan penderita terkonfirmasl Covid-19 agar segera menghubungi Hotline Centre Corona rnelalui Nomor Telepon 119 ext. 9 dan/atau Halo Kemkes pada Nomor 1500567. Dia pun mengharapkan agar ASN menunda terlebih dahulu perjalanan dinas keluar negeri.
“Instansi pemerintah agar menunda perjalanan dinas keluar negeri,” ungkapnya.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada 15 Maret 2020 agar warga bekerja di rumah, KemenPAN-RB membuat kebijakan tentang penyesuaian sistem kerja aparatur sipil negara (ASN) selama merebaknya kasus Covid-19 sebagai pedoman bagi instansi pemerintah.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran MenPAN-RB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

SE tertanggal 16 Maret 2020 ini sebagai pedoman bagi instansi pemerintah dalam pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah/tempat tinggalnya (Work from Home/WFH) bagi ASN sebagai upaya pencegahan dan meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Tujuan penerbitan SE tersebut mencegah dan meminimalisir penyebaran, serta mengurangi risiko Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
Memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing instansi pemerintah dapat berjalan efektif untuk mencapai kinerja masing-masing unit organisasi pada instansi pemerintah. Selain itu, memastikan pelaksanaan pelayanan publik di Instansi Pemerintah dapat tetap berjalan efektif. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy