Tingkatkan Kualitas Guru dan Siswa, Dikmudora Kendari Gelar AKM – Kendari Pos
Edukasi

Tingkatkan Kualitas Guru dan Siswa, Dikmudora Kendari Gelar AKM

Muchdar Alimin

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas guru/siswa, tahun ini Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, akan mengadakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kepada guru dan siswa. Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas), Muchdar Alimin mengungkapkan bahwa pihaknya sudah merencanakan menggelar AKM pada hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April nanti kepada guru dan siswa.

Muchdar menjelaskan bahwa AKM merupakan program yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tentu AKM sendiri akan mensasar sampai dimana kemampuan guru dan siswa dalam memahami soal-soal yang disajikan nanti.

“Semoga guru dan siswa nanti bisa menyesuaikan dan menyelesaikan soal-soal AKM dengan baik. Hanya saja jangan sampai kejadian ada siswa yang lebih tinggi nilai AKM nya dari guru,” ungkapnya, Jumat (28/2) lalu.

Terkait AKM yang diberikan nanti, sambungnya, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Kemendikbud. Tetapi untuk pelaksanaan AKM tetap akan dialaksanakan hanya saja masih menunggu arahan dari pusat. “Yang jelas tahun ini akan dilaksanakan AKM,” ujarnya.

Selain menguji kemampuan guru dan siswa, AKM ini juga bertujuan sebagai pemetaan mutu pendidikan di setiap sekolah yang bakal melaksanakan AKM. “Sebenarnya kita belum bisa bicara banyak terkait AKM ini, jangan sampai ada banyak perbedaan nanti. Jadi kita bersabar dulu menunggu Juknisnya,” tutup Muchdar. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy