Terkendala Jaringan, 10 Sekolah di Sultra Belum Terapkan UNBK – Kendari Pos
Metro Kendari

Terkendala Jaringan, 10 Sekolah di Sultra Belum Terapkan UNBK

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Sultra belum sepenuhnya bisa diterapkan. Keterbatasan jaringan internet menjadi kendala. Alhasil, sejumlah sekolah masih menggunakan sistem ujian nasinal kertas dan pensil (UNKP). Di Sultra, sebanyak 10 SMA yang masih menerapkan sistem manual.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Asrun Lio mengatakan jumlah SMA yang menggunakan sistem UNKP sebanyak 10 sekolah. Untuk SMK, seluruhnya telah menerapkan UNBK. Siswa SMK yang mengikuti ujian sebanyak 9.684 orang yang tersebar di 153 sekolah. Sementara siswa tingkat SMA sebanyak 407 sekolah dengan total peserta 33.287 orang.

“Kalau SMK sudah 100 persen UNBK, hanya SMA masih ada 10 persen yang gunakan UNKP, tetapi ini meningkat dibanding tahun kemarin sekira 15 persen. Dari total itu, ada sekitar 10 SMA di empat Kabupaten dan Kota yang akan gunakan sistem UNKP yakni Kota Baubau, Kabupaten Konawe, Wakatobi, Kolaka Utara dan Buton Utara (lihat grafis),”jelasnya akhir pekan lalu.

Kendala utama penerapan UNBK ini sambungnya, disebabkan tidak adanya akses jaringan. Awalnya, pihaknya akan mensiasati dengan sistem offline. Hanya saja, penerapannya agak rumit. “Kami berusaha mensiasati dengan cara offline, tetapi harus jarak dengan server atau tempat online itu bisa bolak-balik. Lantaran agak sulit, kami putuskan untuk tetap UNKP,” terangnya

Untuk kesiapan UNBK kata Asrun, sudah tak ada masalah. Bahkan untuk SMA dan SMK semua telah melakukan gladi persiapan UNBK. Sementara untuk UNKP, soalnya semua sudah dicek dan sementara perjalanan dari percetakan ke provinsi. “Kami berharap dalam minggu ini semua soal-soal itu sudah bisa terdistribusi. Insya Allah, tidak ada hambatan lagi sebab sekolah sekolah yang sudah menyatakan tidak menyanggupi UNBK itu mereka laporkan sehingga dilakukan UNKP,” ucapnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy