Telkom Kendari Kucurkan Rp 750 Juta untuk UMKM – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Telkom Kendari Kucurkan Rp 750 Juta untuk UMKM

General Manager PT Telkom Cabang Kendari, Alimuddin (kiri) saat menyerahkan
bantuan program kemitraan kepada pelaku UMKM, Kamis (5/3).

KENDARIPOS.CO.ID — PT Telkom Cabang Kendari menyalurkan bantuan program kemitraan sebesar Rp 750 juta kepada 17 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sultra, Kamis (5/3). “Dana ini bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) atau pertanggungjawaban sosial PT Telkom. Kami berharap, dana yang diterima dapat dikelola dengan baik sehingga usaha UMKM bisa semakin tumbuh,” ujar General Manager PT Telkom Cabang Kendari, Alimuddin usai menyerahkan bantuan modal usaha kepada para mitra, kemarin.

Ia menjelaskan, kriteria agar bisa menjadi mitra Telkom cukup dengan memiliki usaha. Pinjaman senilai Rp 20 juta ke bawah dapat diperoleh tanpa menggunakan agunan (jaminan) sedangkan pinjaman Rp 20 juta ke atas, dimintai jaminan. Jenis usaha yang diberikan modal kali ini cukup bervariasi mulai dari usaha dagang, industri, dan jasa. “Pada prinsipnya, program ini lebih ditujukan untuk pembinaan. Mereka tidak diberikan bantuan kemudian dilepas begitu saja. Ada pembinaan dari kami,” terangnya.

Lanjut dia, PT Telkom Kendari telah melaksanakan program kemitraan jauh sebelumnya. Pada tahun 2018, Telkom Kendari menerima sertifikat dari Kementerian sebagai pengelola kemitraan terbaik di Sultra. Penyaluran dana kemitraan dilakukan tiga bulan sekali ataunterhitung empat kali setahun. Menurutnya, kelemahan UMKM selama ini terletak pada aspek permodalan. Karenanya, program kemitraan PT Telkom diharapkan bisa membantu masalah permodalan tersebut sehingga aset yang dikelola para UMKM bisa lebih berkembang dan sehat. “Semoga melalui program ini lahir UMKM-UMKM binaan yang tangguh. Sehingga dalam progresnya, menjadi usaha yang lebih besar dan tidak lagi menyandang status sebagai usaha kecil dan menengah,” harapnya.

Diketahui, penyaluran dana yang dilakukan ini merupakan yang pertama di tahun 2020 dengan total Rp 750 juta untuk 17 mitra. Kegiatan penyaluran dana kemitraan dirangkaikan dengan pembinaan. Total pinjaman yang diberikan bervariasi mulai dari Rp 20 juta dan hingga Rp 75 juta untuk setiap mitra. PT Telkom Cabang Kendari sendiri memiliki dua mekanisme penyaluran dana CSR. “Pertama, melalui kemitraan, kedua bina lingkungan. Bina lingkungan ini khusus diperuntukkan bagi rakyat yang perlu dibantu. Biasanya dalam bentuk pemberian dan perbaikan sarana ibadah dan pendidikan,” tutup Alimuddin. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy