Surunuddin Dukung Pemekaran Konawe Timur – Kendari Pos
Nasional

Surunuddin Dukung Pemekaran Konawe Timur

Bupati Konsel Surunuddin Dangga (tiga dari kiri) saat memantau pengerjaan jalan di Kecamatan Laonti. Wilayah Laonti yang kini dapat diakses melalui moda transportasi darat itu masuk dalam gugusan kecamatan calon Kabupaten Konawe Timur.


KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga rupanya punya keinginan besar untuk memekarkan wilayah timur di otoritanya. Saat dijumpai Kendari Pos, Surunuddin mengungkapkan bahwa beberapa wilayah kecamatan sudah bisa menjadi satu kesatuan (Konawe Timur).

Gugusan kecamatan itu adalah Kecamatan Konda, Ranomeeto, Ranomeeto Barat, Kolono, Laonti, dan Moramo. Sleain itu, Kecamatan Moramo Utara, Wolasi, Landono, Mowila, Sabulakoa dan Kolono Timur.

“Kabupaten Konawe Selatan ini sangat luas dan jumlah penduduknya banyak. Sudah layak untuk dimekarkan,” kata Bupati Konsel, Surunuddin Dangga kepada Kendari Pos, Kamis (26/3).

Sejauh ini, pihaknya telah mempersiapkan dan melengkapi dokumen administrasi pemekaran calon Kabupaten Konawe Timur. Termasuk merevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Konsel. Meski begitu, Pemkab Konsel saat ini terkendala moratorium pemekaran daerah dari Kemendagri.

“Tapi kami telah memohon pengecualian moratorium daerah otonomi baru (DOB) Konawe Timur ke pemerintah pusat melalui Kemendagri agar diizinkan untuk dimekarkan,” kata Surunuddin.

Sebelumnya, wacana pemekaran Kabupaten Konawe Timur sebagai DOB digaungkan Tim Percepatan Pemekaran Daerah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Nasional (Forkonas). Organisasi tersebut terus mendesak Pemkab dan DPRD Konsel untuk segera merevisi RTRW sesuai permintaan dari Kemendagri dan Kementerian ATR. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy