Sultra Dapat Bantuan Ribuan Alat Medis – Kendari Pos
Nasional

Sultra Dapat Bantuan Ribuan Alat Medis


KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra dan seluruh pemda kompak mengusir korona dari Bumi Sultra. Instansi pelayanan umum, akntor lembaga dan fasilitas publik disterilkan dengan penyemprotan disifektan.

Langkah memangkas laju potensi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) didukung pemerintah pusat. Beragam alat medis penanganan dan pencegahan Covid-19 disalurkan pemerintah pusat. Ribuan alat medis dan alat pelindung diri sudah diterima.

Plt.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra, Syaifullah mengatakan bantuan alat medis itu dikirim pemerintah pusat secara bertahap. Mulai 24 Maret hingga 10 April nanti. Sebut saja 2.400 rapid test covid telah tiba. “Beberapa bantuan logistik tenaga medis sudah tersedia. Bahkan ada beberapa masih tersegel di ruang Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Sultra,” ujarnya kepada Kendari Pos, Kamis (26/3).

Selain rapid test beberapa perangkat alat pelindung diri (APD) telah tersedia, seperti 100 unit baju cover all, 1.100 masker N95 dan 1.000 masker bedah. “Jadi kita menerima bantuan dari pemerintah pusat mulai dari APD, alat kesehatan dan diagnostik vitro serta bahan medis habis pakai. Tetapi semua dikirim bertahap,” ungkap Saifullah.

Saifullah menambahkan dari 10.000 rapid test yang dibutuhkan Sultra, telah tersedia 2.400. Jadi masih ada sekira 7600 lagi sisa kebutuhan untuk Sultra. “Mengingat terbatasnya rapid test, maka akan diprioritaskan pasien dengan status PDP dan ODP yang tengah dirawat di rumah sakit penanganan korona. Jadi kita fokus di situ dulu, biar kita tahu lebih cepat apakah dari mereka ini ada yang positif atau tidak,”terangnya.

Menyangkut jadwal pemeriksaan serentak menggunakan rapid test itu, masih akan dibahas. “Barangnya kan baru datang. Kita upayakan
secepatnya sudah dilakukan tes bagi mereka yang telah diisolasi,” imbuh Saifullah.

Beberapa perlengkapan medis juga telah disiapkan untuk RS rujukan yang ada di Sultra. Jadwal distribusi dan jumlah yang akan didistribusikan untuk
masing-masing rumah sakit rujukan penanganan korona belum ditentukan. “Jadi kita akan bahas dulu ini, kita data semua kebutuhan RS rujukan dan disesuaikan dengan logistik alat medis yang kita terima,”pungkas Saifullah.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi menerbitkan surat edaran bernomor 443/1390 tahun 2020 terkait percepatan penanganan Korona di Sultra. Ali Mazi menginstruksi seluruh pemerintah daerah, masyarakat dan perusahaan di Sultra agar mematuhi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam hal penanganan Covid 19.

Terkait dengan alat kesehatan dalam penanganan korona, Ali Mazi berupaya memenuhinya. “Kita sudah memesan agar kebutuhan bagi para pelayan medis dapat terpenuhi. Namun sampai saat ini, semua kebutuhan itu masih bisa teratasi. Insya Allah dalam waktu dekat semua apa yang dibutuhkan bisa terpenuhi,” ungkap Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi menegaskan pemerintah akan memberikan insentif kepada tenaga medis dengan risiko tinggi saat menangani pasien korona. “Tidak hanya perawat dan dokter saja, gugus tugas pun yang bekerja dalam penanganan korona kita berikan insentif sesuai kinerjanya. Termasuk Satgas Pemuda yang baru kita bentuk kemarin. Mereka akan mendapatkan Rp 200 ribu perhari sebagai insentif kerja,” janji Ali Mazi.

Kebutuhan akan alat medis itu pernah dikeluhkan para perawat yang bertugas di ruang isolasi saat Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh melakukan inspeksi mendadak. “Tolong pak bisa dibantu agar proses swap bisa dilakukan cepat,” pinta salah seorang perawat. Rupanya proses swap juga dibutuhkan para perawat yang diduga terpapar korona.

Menjawab permintaan itu, Abdurrahman Shaleh berjanji akan memperjuangkan apa yang menjadi permintaan para tenaga medis tersebut. “Saya usahakan semua ibu, adek. Kalian luar biasa. Kalian tinggalkan keluarga demi merawat masyarakat yang sakit. Atas nama pribadi, Gubernur Sultra dan masyarakat Sultra, saya sampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada kalian,” ujar Abdurrahman Shaleh. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy