Sudah Dua Pekan, Stok Darah di PMI Kosong – Kendari Pos
Metro Kendari

Sudah Dua Pekan, Stok Darah di PMI Kosong

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Mewabahnya virus korona memberi dampak di semua lini kehidupan. Termasuk juga dirasakan pihak Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kendari. Akibat Covid- 19, masyarkat takut mendonorkan darahnya. Imbasnya stok darah di PMI Kota Kendari habis.

Kekosongan stok darah di PMI Kendari menjadi masalah bagi PMI. Sebab, ini bakal berdampak kepada pasien yang dirawat nantinya. Stok darah yang biasanya mencapai 1.500 kantong, kini tak ada sama sekali.

Kapala Unit Transfusi Darah PMI Kota Kendari, Dedi mengatakan, kekosongan stok darah ini berdampak pada pasien yang membutuhkan darah. Makanya, sebagai antisipasi pihaknya minta keluarga pasien yang menjalani perawatan, bisa mendonorkan darah sebagai pengganti stok darah tersebut.

Kekosongan stok darah kata Dedi dialami sejak dua pekan lalu. Bahkan, relasi dan relawan yang biasa mendonorkan darahnya kini tidak ada lagi.

“Kosong sama sekali. Kami harap relawan tetap mendonorkan darahnya. Tapi kami juga tidak bisa memaksa karena kondisi,” ungkap Dedi saat ditemui di ruangannya, kemarin.

Langkah yang diambil PMI saat ini, lanjut dia, tetap mengajak masyarakat atau keluarga pasien sebagai pengganti darah yang digunakan. Kemungkinan itu dapat menjadi stok darah. Kasus kekosongan darah ini baru pertama kali terjadi, sejak mewabahnya virus korona. Atas hal ini, Dedi meminta masyarakat, relawan ataupun pihak lain agar dapat mendonorkan darahnya.

Pihaknya menjamin, dalam mendonor darah dilakukan dengan steril. Tetap mengecek kesehatan.

“Upaya kami saat ini yakni melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Memberikan pemahaman agar mau mendonorkan darahnya. Termasuk relawan dan relasi, kami ajak terus untuk mendonor,” ucapnya. (c/ade)

Darurat Stok Darah

-RS PMI Kota Kendari tak punya stok darah
-Biasanya tersedia 1.500 kantong darah, kini nihil
-Imbas korona, tak ada yang mau mendonor
-Kondisi ini sudah dua pekan terjadi
-Kalau terus seperti bisa membahayakan pasien
-Ini emergency, butuh perhatian semua pihak

Langkah Dilakukan PMI
-Minta keluarga pasien lakukan donor
-Mengajak warga dan relawan kembali mendonor
-Pastikan steril dan ada pemeriksaan kesehatan saat donor

Sumber Data: Diolah Kendari Pos

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy