Stok dan Harga Bahan Pokok Masih Stabil – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Stok dan Harga Bahan Pokok Masih Stabil

Aktivitas jual beli di Pasar Korem, Minggu (22/3).


KENDARIPOS.CO.ID — Harga bahan pokok di wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) relatif masih stabil. Pantauan Kendari Pos pada Minggu (22/3) di beberapa pasar tradisional, diketahui belum terjadi lonjakan harga yang berarti. Kecuali pada komoditas gula pasir dan beras yang belum lama ini mengalami kenaikan harga karena kelangkaan stok.

Di pasar Korem dan Mandonga, per kilogram (kg) beras Konawe rata-rata dibanderol dengan harga Rp 11 ribu, beras 48 Rp 10 ribu, beras Ciliwung Rp 11 ribu, dan beras dolog seharga Rp 9 ribu. “Harga beras naik sejak beberapa hari lalu. Yang paling murah beras dolog satu liter Rp 8.500. Beras ketan juga ikut naik. Sudah seminggu saya jual Rp 16 ribu per liter. Biasanya hanya Rp 13 ribu,” ujar pedagang di pasar Korem, kemarin.

Sementara itu, daging sapi dijual Rp 120.000 per Kg, ayam broiler Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu per ekor ukuran paling besar, sedangkan telur ayam ras Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per rak. Sayur mayur masih dijual dengan harga seperti biasa. Per ikat bayam dan kangkung dihargai Rp 5 ribu, sedangkan kol Rp 9 ribu per kg. Bawang merah masih dijual Rp 40 ribu per kg, bawang putih Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu per kg. Per kg cabai keriting Rp 25 ribu, cabai rawit Rp 40 ribu, cabai rawit merah Rp 25 ribu, tomat Rp 15 ribu, minyak goreng Rp 13 ribu sampai Rp 14 ribu per liter, kacang tanah Rp 20 ribu per liter, gula merah Rp 22 ribu per kg, dan terigu Rp 9 ribu per kg. Adapun jahe dijual Rp 65 ribu hingga Rp 80 ribu per kg, sedangkan jahe merah Rp 100 ribu.

“Permintaan untuk jahe merah memang sedikit lebih tinggi sekarang. Tapi harganya sudah segitu dari dulu ” ungkap pedagang jahe di pasar Korem.

Sementara komoditas gula pasir belum juga mengalami penurunan harga. Di pasar Korem, gula pasir kristal masih dijual seharga Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per kg. Sama halnya di pasar Baruga. “Kalau gula pasir masih mahal. Per kg saya jual Rp 18 ribu,” ujar pedagang di pasar Baruga, kemarin.

Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari, Asnar mengatakan bahwa aktivitas jual beli di pasar tradisional Kendari masih berjalan normal. Sejauh ini belum nampak fenomena panic buying pada sembilan bahan pokok (sembako). Ia juga memastikan stok masih aman.
“Aktivitas tetap berjalan normal, tidak ada lonjakan harga. Kita juga melakukan edukasi kepada para pedagang bagaimana meminimalisir dampak penyebaran virus Corona atau Covid-19,” ujar Asnar kepada Kendari Pos, kemarin.

Dihubungi terpisah, Pengamat Ekonomi Sulawesi Tenggara, Prof. Dr. Nurwati mengatakan bahwa pemerintah harus memastikan ketersediaan stok dan keterjangkauan harga sembako. Jangan sampai tingginya permintaan terhadap sejumlah kebutuhan pokok justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Menurutnya, fenomena panic buying wajar terjadi dalam kondisi seperti sekarang ini. Dengan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah, maka masyarakat akan berusaha membeli barang kebutuhan lebih banyak dari biasanya.

“Anak-anak tidak kuliah dan orang tua tidak ke kantor. Jadi ngumpul kan? Otomatis kita akan mengantisipasi bahan-bahan makanan untuk inventory (persediaan) beberapa waktu kedepan. Orang was-was jangan sampai barang di pasar ataupun supermarket habis,” ujarnya.

Kata dia, pemerintah harus memiliki strategi yang tepat dalam mengantisipasi kelangkaan dan lonjakan harga. Distribusi barang harus dipastikan berjalan lancar. “Kondisinya sekarang masih serba tidak pasti. Kita tidak tau kapan masalah Covid-19 berakhir. Kalau berlanjut sampai bulan Ramadan, otomatis akan memperburuk permintaan utamanya sembako. Harga di pasar bisa dipermainkan oleh tengkulak,” argumennya.

Menurut akademisi Universitas Halu Oleo (UHO) ini, pemerintah harus rutin mengecek kondisi pasar. Jangan sampai terjadi kenaikan harga pada komoditas yang stoknya tersedia dalam jumlah cukup. “Pemerintah harus memastikan distribusi lancar dan harga tetap stabil,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy