SPAN IAIN Kendari Diumumkan 10 April – Kendari Pos
Edukasi

SPAN IAIN Kendari Diumumkan 10 April

Mahasiswa baru IAIN Kendari saat mengikuti PBAK tahun lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN PTKIN) tahun 2020/2021 lingkup Institut Agama Islam Negeri (IAIN Kendari) telah berakhir beberapa waktu lalu. Ribuan Calon Mahasiswa Baru (CMB) yang ingin mengenyam pendidikan di kampus keagamaan terbesar di Sultra yang mendaftar menggunakan jalur tersebut, kini tinggal menunggu pengumuman SPAN yang diumumkan secara serentak pada 10 April mendatang.

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag., menuturkan bahwa tahap seleksi SPAN PTKIN berlangsung secara nasional yang diikuti oleh seluruh CMB dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, ras, agama, suku dan tingkat kemampuan ekonomi. “Bahkan pendaftaran ini menjadi salah satu jalur yang paling diminati. Sebab CMB tidak mengeluarkan biaya sepersen pun saat melakukan pendaftaran karena ditanggung oleh pemerintah,” ungkapnya saat dihubungi Kendari Pos via telepon, Minggu (29/3).

Pihaknya juga menuturkan, meskipun seleksi SPAN PTKIN telah berakhir, namun siswa-siswi SMA/SMK sederajat yang akan lulus masih memiliki kesempatan untuk menuntut ilmu di IAIN Kendari melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang tidak lama lagi pendaftaranya dibuka serentak diseluruh Indonesia. “Pendaftaran jalur ini akan dibukan pada 15 April-29 Mei, setelah hasil jalur SPAN diumumkan. Hal ini tentu memberikan kesempatan bagi peserta yang belum lulus di IAIN Kendari melalui jalur pertama tersebut,” terangnya.

Seleksi ini yang dilaksanakan oleh UIN/IAIN/STAIN secara serentak melalui Ujian Tertulis atau Computer Based Test (CBT). CMB yang menggunakan jalur ini dapat memilih dua PTKIN yang diminati, serta memilih dua Program Studi (Prodi) yang berbeda pada masing-masing PTKIN. “Perlu diketahui bahwa Urutan PTKIN dan Prodi menyatakan prioritas utama,” tuturnya.

Jalur ini sedikit berbeda dengan jalur SPAN PTKIN yang telah ditutup pada 28 Februari lalu. Meskipun pendaftaranya dilakukan secara nasional namun, jalur SPAN PTKIN tersebut tidak dipungut biaya sama sekali bagi para pendaftar. Berbeda dengan jalur UM-PTKIN ini yang mengharuskan para CMB membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 di bank BNI. “Sosialisasi terus kita lakukan, baik dilakukan secara langsung oleh panitia CMB IAIN Kedari dengan mendatangi sekolah-sekolah di seluruh Sultra bahkan melalui media sosial, maupun melalui media,” katanya.

Sebagai informasi, IAIN Kendari memiliki empat Fakultas dan 19 Prodi yang bisa dipilih oleh CMB sesuai dengan keinginan masing-masing pendaftar. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy