SMAN 4 Kendari Lakukan Inovasi Rainbow Garden – Kendari Pos
Edukasi

SMAN 4 Kendari Lakukan Inovasi Rainbow Garden

Kepala SMAN 4 Kendari, Ruslan, saat meninjau perkembangan Rainbow Garden.

KENDARIPOS.CO.ID — Menjelang penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) tahun 2020 tingkat nasional, SMAN 4 Kendari yang mewakili Sultra pada ajang bergengsi tersebut optimis meraih juara. Hal tersebut berdasarkan kriteria penilaian dari LSS yang sudah terpenuhi, khususnya pada kategori inovasi dengan menciptakan taman dengan konsep “Rainbow Garden” di lingkungan sekolah tersebut.

Kepala SMAN 4 Kendari, Ruslan, mengungkapkan bahwa salah satu instrumen penting penilaian pada ajang LSS yakni adanya inovasi sekolah, yang berkaitan dengan lingkungan dikawasan sekolah. “Rainbow garden ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh SMAN 4 Kendari yang melibatkan seluruh siswa melalui program satu siswa satu bunga,” ungkapnya pada Kendari Pos, Senin (9/3).

Rainbow Garden ini, nantinya akan berisikan lima jenis warna bunga yang berbeda, dengan luas sekitar 11,5 X 34 sehingga konsep ini akan menjadi slaah satu tempat favorit seluruh siswa. Bahkan, ketika ada tamu yang berkunjung di SMAN 4 Kendari, Rainbow Garden ini akan menjadi tempat yang akan digunakan untuk menjamu para tamu nantinya. “Insyaa Allah konsep Rainbow Garden ini akan segera terwujud, pasalnya dari sebagian lahan yang disiapkan telah terisi bunga yang ditanam langsung oleh siswa dan juga para orang tua siswa,” tuturnya.

Optimisme kepala sekolah berprestasi tersebut tidak hanya didasari oleh inovasi dari Rainbow Garden yang diciptakanya. Namun lebih dari itu, berbagai upaya telah dilakukan untuk mempersiapkan diri dalam penilaian LSS yang akan dilakukan langsung oleh panitia LSS pusat. “Kita terus melakukan pemantapan persiapan yang meliputi kriteria penilaian LSS seperti sarana prasarana mulai dari Unit Kesehatan Siswa (UKS), kantin, hingga taman di sekitar lingkungan sekolah.

Intinya SMAN 4 Kendari berkomitmen untuk menjadi lingkungan sekolah yang asri dan prilaku sehat serta membebaskan sampah plastik,” katanya.

Ke depannya, bahkan sekolah tersebut kembali berencana untuk mendeklarasikan sekolah yang bebas dari sampah plastik. Untuk itu, pihaknya akan menyediakan dispenser dimasing-masing kelas yang ada di sekolah tersebut. Hal itu sebagai upaya untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan terbebas dari sampah plastik. “Upaya-upaya ini akan menjadi program yang bisa diunggulkan pada LSS nanti,” tuturnya.

Pihaknya berharap, berbagai upaya yang dilakukan oleh warga Sekoalh dapat berbuah manis, dengan menjadi yang terbaik di tingkat nasional yang tentunya akan menjadi kebanggaan bagi Sultra tentunya. “Saya sangat optimis menghadapi LSS, mengingat pemerintah dan warga sekolah juga sangat mendukung,” pungkasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy