Siswa Sakit Diimbau Tidak Ikuti UNBK – Kendari Pos
Edukasi

Siswa Sakit Diimbau Tidak Ikuti UNBK


KENDARIPOS.CO.ID — Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA di Sultra pada tahun 2020 yang sakit atau merasa kurang sehat diimbau untuk tidak memaksakan diri mengikuti UNBK yang akan dihelat pada 30 Maret-2 April mendatang.

Siswa SMAN 2 Kendari saat mengikuti try out berbasis komputer, beberapa waktu lalu.

“Saat ini tercatat 33.287 siswa SMA di Sultra siap mengikuti UNBK. Namun, kita mengimbau diantara ribuan siswa ini apabila memiliki gejala sakit seperti flu, batuk dan demam diimbau untuk tidak mengikuti prosesi UNBK,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio pada Kendari Pos, Senin (23/3).

Asrun memastikan, bagi siswa yang tidak mengikuti UNBK pada 30 Maret dikarenakan sakit tetap bisa melaksanakan UNBK susulan pada 7-8 April 2020 mendatang. “Kita akan menjamin siswa yang tidak ikut UNBK karena sakit akan tetap bisa ikut UNBK melalui ujian susulan,” tuturnya.

Pihaknya juga tengah menginstruksikan masing-masing satuan pendidikan di berbagai daerah untuk melakukan kordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat terkait mekanisme pelaksanaan UNBK di tengah wabah Covid-19. “Masing-masing satuan pendidikan akan menyediakan sarana untuk cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol yang bisa digunakan para peserta UNBK sebelum mengerjakan soal,” katanya.

Saat ini, proses belajar mengajar disetiap pendidikan yang ada di Sultra diliburkan sementara waktu. Baik itu, siswa yang duduk dibangku kelas XI hingga siswa yang duduk di kelas XII. Namun, proses belajar mengajar tetap berlangsung dengan belajar di rumah masing-masing dengan memanfaatkan portal rumah belajar yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). “Saat ini seluruh siswa kita liburkan tanpa terkecuali siswa yang akan mengikuti UNBK. Namun pada saat pelaksanaan UNBK mereka tinggal mengikutinya saja sesuai dengan protokol yang telah disiapkan,” terangnya.

Pengganti Damsid ini juga mengimbau kepada seluruh peserta UNBK untuk tetap menjaga kesehatan agar tetap fit. “Kita imbau agar siswa tetap dirumah masing-masing dengan tetap belajar, khususnya bagi siswa yang akan ikut UNBK pada 30 Maret nanti,” tandasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy