Siswa di Konawe Diliburkan, Kolaka Tetap Normal – Kendari Pos
Konawe

Siswa di Konawe Diliburkan, Kolaka Tetap Normal

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak Selasa (17/3), hingga dua pekan kedepan, proses belajar mengajar siswa Kabupaten Konawe dialihkan di rumah. Keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe meliburkan siswa TK/PAUD, SD dan SMP tersebut, merujuk pada instruksi Presiden RI serta surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan virus corona. Meski demikian, tenaga pendidik tetap diminta untuk beraktivitas di sekolah seperti sediakala.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriyadi. Ia menjelaskan, meski siswa di Konawe diliburkan, guru harus tetap berkantor. Ia pun meminta para Kepala Sekolah (Kepsek) agar melaporkan kegiatan para guru beserta staf sekolah secara berkala. “Proses belajar di sekolah memang ditiadakan dulu. Tapi guru harus tetap masuk sembari memantau perkembangan siswanya. Mungkin bisa dilakukan via WhatsApp,” ujar Suriyadi ditemui di ruang kerjanya.

Ilustrasi ruang kelas kosong

Selain itu, Suriyadi juga meminta para siswa tetap mengupgrade pengetahuannya. Sebab, kebijakan Pemkab Konawe meliburkan siswa sementara waktu bukan berarti aktivitas belajarnya juga diliburkan. Caranya, kata Ketua PGRI Konawe itu, dengan mengakses laman rumah belajar Kemendikbud melalui website https://belajar.kemendikbud.go.id.

Sementara itu di Kabupaten Kolaka, proses belajar-mengajar di sejumlah sekolah masih berjalan normal. Berdasarkan pantauan, Selasa (17/3). aktifitas belajar-mengajar di sejumlah sekolah terlihat masih berjalan seperti biasa. Bahkan di MTsN 1 Kolaka, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) tetap dilangsungkan. Kepala Kantor Kemenag Kolaka H. Abdul Aziz Baking terlihat memantau pelaksanaan UAMBN-BK Tahun Pelajaran 2019/2020 di sekolah tersebut.

“Ini adalah hari ke dua pelaksanaan UAMBN-BK. Semua aktifitas masih berjalan normal. Semoga virus covid 19 ini tidak berdampak pada lingkungan pendidikan dan Madrasah sehingga pelaksanaan UAMBN-BK berjalan tertib, lancar dan sukses,” tutur Kepala Kantor Kemenag Kolaka, H Abdul Aziz Baking.

Aktivitas pembelajaran juga masih terlihat di SMPN 2 Samaturu. “Alhamdulillah, aktifitas belajar-mengajar masih normal seperti biasanya. Kami tidak libur karena belum ada perintah untuk di liburkan dari Pemkab Kolaka,” kata Kepala Sekolah SMPN 2 Samaturu, La Ode Like.

Sementara itu, langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus corona juga akan dilakukan oleh Pemkab Kolaka. Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei rencananya akan memimpin langsung rapat koordinasi untuk membahas pencegahan serangan virus covid 19 di Bumi Mekongga. “Rapat koordinasi akan dilaksanakan Hari Kamis. Rencananya akan dipimpin langsung oleh Pak Bupati,” ungkap Kadis Kesehatan Kolaka, Harun Masirri, kemarin. Terkait kesiagaan dan kesiapan penanganan covid 19, kata Harun pihaknya telah melakukan sosialisasi dan promosi kesehatan untuk membangun pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat. Kata dia, segala kebutuhan yang dibutuhkan dalam penanganan serangan juga telah disiapkan. (b/adi/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy