Sikap Jadi Syarat Kelulusan di SMAS Kartika Kendari – Kendari Pos
Edukasi

Sikap Jadi Syarat Kelulusan di SMAS Kartika Kendari

Siswa SMAS Kartika saat mengikuti proses belajar mengajar, beberapa waktu lalu. 

KENDARIPOS.CO.ID — SMAS Kartika XX-2 Kendari menjadikan sikap dan perilaku menjadi salah satu syarat utama kelulusan seluruh siswa yang duduk di bangku kelas XIII. Fokus penilaian ini merupakan implementasi dari kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud-RI) Nadim Makarim, melalui Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 tentang Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.

Kepala SMAS Kartika Kendari, Suayib menuturkan saat ini pihaknya terus menekankan kepada seluruh siswa baik itu, kelas XI maupun siswa yang duduk dikelas akhir untuk memperbaiki sikap dan prilakunya. “Syarat lulus sekarang itu, harus mendapatkan nilai sikap dan prilaku dengan nilai minimal baik atau B,” ungkapnya pada Kendari Pos, Jumat (20/3).

Untuk itu, pihaknya terus menegaskan kepada seluruh siswanya, guna memperhatikan sikap dan prilakuknya di lingkungan sekolah, dengan mengikuti seluruh program belajar dengan baik dan teratur, mematuhi seluruh aturan yang diterapkan disekolah serta mengikuti seluruh rangkaian ujian yang dihelat oleh Sekolah. “Intinya kalau ada siswa yang berperilaku buruk lingkup SMAS Kartika maka kita tidak akan luluskan,” katanya.

Diakuinya, saat ini kelulusan siswa tidak lagi ditentukan pada Ujian ataupun nilai akademik seorang siswa semata. Namun lebih dari itu, prilaku dan sikap merupakan hal yang harus dipenuhi oleh seluruh siswa. “Jadi di SMAS Kartika kita lakukan monitoring kepada seluruh siswa sebelum masuk dikelas masing-masing, kemudian hal tersebut juga kita lakukan pada siang hari dan sebelum pulang sekolah. Jangan sampai ada beberapa siswa yang pulang atau bolos sekolah,. Sehingga jika hal itu ada, maka pihak sekolah akan melakukan tindakan pembinaan khusus,” katanya.

Pimpinan salah satu SMAS berprestasi ini berharap kepada seuruh siswa guna mengikuti seluruh aturan yang diterapkan di sekolah. “Kami menginginkan siswa kami menjadi generasi yang berahlak dan berperilaku baik, sehingga ke depannya mereka mampu membangun bangsa menjadi lebih baik lagi,” tutup Suayib. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy