Siapkan Hand Sanitizer, Masjid Alkautsar dan Al Alam Tetap Selenggarakan Salat Jumat – Kendari Pos
Metro Kendari

Siapkan Hand Sanitizer, Masjid Alkautsar dan Al Alam Tetap Selenggarakan Salat Jumat

KENDARIPOS.CO.ID — Salat Jumat berjamaah di Kota Kendari tampak berbeda. Kumandang alunan azan di masjid-masjid tidak lagi bersahut-sahutan. Hanya beberapa masjid yang tetap melaksanakan salat jumat berjamaah. Meskipun ada, jumlah jemaah tidak sebanyak hari-hari biasanya seperti di Masjid Agung Alkautsar dan Masjid Al Alam. Dari pantauan Kendari Pos, penyelenggarakan Salat Jumat berjamaah di dua masjid terbesar di Kendari agak berbeda. Di tiap pintu, telah didiapkan hand sanitizer. Pengurus masjid meminta jemaah membawa sajadah sendiri. Sebelum salat, pengurus masjid telah membersihkan area masjid.

Jemaah salat Jumat di Masjid Agung Al-Kautsar, Azis mengaku resah dengan mewabahnya virus corona. Makanya sebelum melaksanakan salat jumat berjemaah, ia telah menyiapkan cairan antiseptik.”Ke mana-mana saya selalu pakai masker dan antiseptik. Sepengetahuan saya, salah satu pencegahannya dengan hidup bersih dan sehat. Jadi saya upayakan untuk selalu menjaga kebersihan diri” ujarnya. Jumardi, jamaah salat Jumaat di Masjid Al-Alam mengatakan jamaah yang sholat jumat kali ini lebih sedikit dari biasanya. “Sekarang yang sholat jumat disini sedikit. Kalau kita bandingkan dengan jumat, yang datang hari ini tidak cukup setengahnya” ungkapnya.

Kepala Biro Kesra Setprov Sultra, Beangga Hariyanto mengimbau kegiatan berkumpul yang melibatkan masyarakat banyak harus dikurangi termasuk kegiatan peribatan seperti salat jumat berjamaah maupun peribatan di gereja dan rumah ibadah lainnya. Pasalnya, kegiatan yang mengumpulkan massa sangat rawan menyebarkan virus corona. “Kami hanya mengimbau. Kalau memang ada yang tetap melaksanakan kami tidak bisa melarang. Apalagi ini menyangkut ritual ibadah. Tapi alangkah baiknya ditiadakan. Kan, ini hanya sementara. Kalau sudah aman, semuanya bisa berjalan normal kembali,” ujar Plt Sekab Bombana ini.

Pasca merebaknya wabah virus corona, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengimbau untuk tidak melaksanakan salat jumat berjemaah. Dua hari lalu, Wali Kota Kendari, Sulkarnian mengeluarkan instruksi agar pelaksanaan salat jumat ditiadakan pasca tiga warga di Sultra yang dinyatakan positif corona. (b/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy