Serobot Lahan Orang, Warga Ranomeeto Dilaporkan ke Polisi – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Serobot Lahan Orang, Warga Ranomeeto Dilaporkan ke Polisi

KENDARIPOS.CO.ID – MN (60), warga Desa Rambu Jaya Kecamatan Ranomeeto harus berurusan dengan penegak hukum. Lelaki paruh baya ini dilaporkan Muslimin (50), warga Desa Amoito atas dugaan tindak pidana penggelapan hak atas barang tidak bergerak atau penyerobotan lahan. Muslimin mengaku tak bisa mengolah lahannya yang telah bersertifikat lantaran dikuasai MN.

Kanit Bhabinkamtibmas (Binmas) AIPDA Muhammad Aris mengaku telah menerima laporan dugaan penyerobatan lahan. Dalam laporan, pelapor menuding MN menggarap tanahnya seluas 20×100 meter tanpa ada izin dari Bahkan terlapor bersikukuh tanah yang digarapnya miliknya. Di sisi lain, pelapor mengklaim telah memiliki sertifikatnya. “Aduannya disampaikan melalui Pondok Saung Cemara. Atas laporan ini, kami akan segera menindak lanjuti,” ujar AIPDA Muhammad Aris.

Dalam kasus ini, pihaknya tetap membuka ruang musyawarah. Sebab Pondok Saung Cemara memang dibentuk sebagai ruang aduan masyarakat. Setiap laporan yang masuk akan didiskusikan dan musyawarahkan. “Jadi perlu kami sampaikan bahwa keberadaan Saung Cemara merupakan tempat yang sangat strategis untuk dipakai musyawarah dan mufakat menerima aduan dari masyakakat, sekalian tempat ini dijadikan tempat nongkrong dan tempat diskusi,” jelas Kanit Binmas Polsek Ranomeeto.

Kapolsek Ranomeeto AKP Dedi Hartoyo S.Ip mengatakan Pondok Saung Cemara sengaja digagas Polsek Ranomeeto tidak hanya untuk menerima pengaduan dari masyarakat ketika ada kasus atau masalah, namun juga tempat musyawarah antara polisi dan warga. Sejauh ini, keberadaan pondok cukup efektif dalam menerima aduan masyarakat. “Kami berharap setiap permasalahan apabila bisa di selesaikan secara kekeluargaan. Dalam penanganan kasus kami mengutamakan pembinaan dari pada penindakan,” pungkasnya. (c/m1/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy