Sensus Penduduk Diperpanjang Sampai Mei – Kendari Pos
Nasional

Sensus Penduduk Diperpanjang Sampai Mei

Sensus Penduduk

KENDARIPOS.CO.ID — Perpanjangan masa tanggap darurat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) oleh BNPB berdampak terhadap pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online.

“Hasil rapat tadi pagi (kemarin,red) bahwa SP Online ini akan diperpanjang hingga bulan Mei. Sebelumnya ditetapkan SP online sampai 31 Maret 2020. Tapi kita masih menunggu surat keputusan resminya. Sedangkan SP wawancara (door to door) yang akan dilakukan pada Juli, rencananya akan dilakukan September 2020,” ujar Moh Edy Mahmud, Kepala BPS Perwakilan Sultra, Jumat (27/3) kemarin.

Meski pelaksaannya diundur, lanjut Edy, maka menjadi kesempatan kepada seluruh masyarakat yang sebagian besar beraktivitas di rumah (work to home) untuk melakukan sensus secara online. “Kami mengimbau kepada masyarakat yang belum menginput datanya, mumpung masih di rumah maka dapat mengakses website kami di www.sensus.bps.go.id,” jelasnya.

Perihal progres SP Online di Sultra, Edy mengaku persentasenya sudah mencapai 60,67 persen atau sekira 38.880 kepala keluarga (KK) sudah terdata dari target yang ditentukan sebesar 130.000 KK.
“Penduduk Sultra saat ini adalah sebanyak 3,67 juta jiwa. Jadi kami ditargetkan hanya 18,07 persen oleh pemerintah atau sekira 130 ribu KK. Selebihnya akan dituntaskan dengan SP wawancara,” ungkap Edy.

Edy menyebutkan, dari 17 kabupaten dan kota di Sultra yang melaksanakan SP online, Kota Kendari dan Kota Baubau menjadi daerah yang partisipasi masyarakatnya masih minim, masing-masing hanya 18,04 persen dan 44,34 persen. Itu bukan tanpa alasan kata Edy. Sebab, kedua kota itu punya target cukup tinggi dari pemerintah. Misalnya, Kota Kendari ditargetkan menyensus sekira 63 ribu KK. “Itu melebihi separuh target di Sultra. Memang agak berat. Namun dengan diperpanjangnya masa SP Online ini saya optimis bisa kita bisa mencapainya,” kata Edy.

Adapun 15 kabupaten lainnya, kata Edy, partisipasinya cukup baik. Dimungkinkan karena target partisipasinya yang kecil. “Untuk 15 daerah ini partisipasinya di atas 60 persen,” ungkap Edy. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy