Sensus Penduduk Bareng, BPS Kendari “Jemput Bola” – Kendari Pos
Metro Kendari

Sensus Penduduk Bareng, BPS Kendari “Jemput Bola”

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, dr Rahminingrum (tengah) didampingi Kepala BPS Kota Kendari, Martini (paling kanan) saat melakukan Sensus Penduduk (SP) secara online, kemarin

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari punya cara tersendiri untuk mendongkrak partisipasi Sensus Penduduk (SP) Online. Tidak hanya sekedar sosialisasi, BPS turut mengajak instansi pemerintah maupun lembaga swasta menginput data diri secara mandiri di website BPS. Jumat (6/3), giliran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari yang disambangi. Acara Sensus Bareng dipandu petugas BPS ini turut disaksikan Kepala Dinkes Kendari, dr Rahminingrum.

Kepala BPS Kota Kendari, Martini mengapresiasi dukungan Pemkot dalam menyukseskan SP online. Menurutnya, Dinkes merupakan instansi ke 11 yang telah disambangi. Rencananya, pihaknya akan menyambangi semua OPD Pemkot Kendari. “Kami sudah lakukan dibeberapa instansi termasuk Inspektorat. Pak Walikota dan Ibu Sekda juga sudah. Untuk mendaftar Online cukup pegawai membawa foto copy KK dan buku nikah,” kata Martini.

Sensus bareng ini kata dia, merupakan program “jemput bola” untuk memastikan masyarakat baik yang bekerja di instansi pemerintah maupun swasta terdata dalam sensus penduduk tahun ini.  “Kami juga sudah mengirim jadwal untuk kantor swasta, seperti Citra Land dan beberapa perusahaan swasta lainnya. Di sana kami sudah jadwal untuk turun hari Sabtu” tuturnya.

Menyinggung kesiapan tenaga IT BPS bilamana dibutuhkan OPD untuk memberikan pendampingan dalam sensus kali ini, Martini mempersilahkan. Menurut dia, dengan kekuatan 33 pegawai yang ada di instansinya, ia yakini bisa mengatasi kesulitan masyarakat dalam sensus penduduk online. “Kami sudah bagi tim. Jadi kalau ada instansi atau kelompok masyarakat yang membutuhkan kami. Silahkan dibuat jadwalnya kapan, dan dimana. Kemudian kontak kami dan bisa juga WA,” ungkap Martini.

Kepala Dinkes Kota  Kendari, dr Rahminingrum meminta seluruh jajarannya agar mengikuti dan menyukseskan SP online. Ia mengapresiasi upaya BPS Kendari yang turun langsung di lapangan untuk membantu pegawainnya. “Kadang-kadang dengan kesibukan , kita lupa untuk melakukan sensus penduduk. Padahal sensus penduduk merupakan program nasional yang wajib diikuti semua warga negara. Jadi dengan adanya sensus bareng ini saya berharap ASN lingkup Dinkes seluruhnya bisa terdata, termasuk tenaga kontrak dan sukarela” kata tuturnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy