Sengkarut Tambang di Sultra Dibahas DPR RI – Kendari Pos
Nasional

Sengkarut Tambang di Sultra Dibahas DPR RI

Ilustrasi Tambang

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi III DPRD Sultra meminta kepada DPR RI agar persoalan tambang di Sultra dievaluasi. Hal itu disampaikan kepada Komisi VII. DPRD Sultra juga telah meninjau beberapa perusahaan tambang di Konsel dan Bombana. Hasilnya, ditemukan adanya dugaan ilegal mining seperti PT. Ifishdeco di Konsel, PT. Bishi Industri Group (BIG) dan PT. Artha Mining Industri (AMI) di Bombana.

Sengkarut pertambangan di Sultra sampai juga ditelinga DPR RI. Anggota DPRD Sultra, ramai-ramai mengadukan persoalan tambang dan dampaknya dalam kunjungan Komisi VII DPR RI. Mendengar beragam masukan itu, Komisi VII DPR berjanji akan membahasnya dalam pembahasan reisi UU Minerba.

Ketua rombongan Komisi VII DPR RI Edy Soeparno mengaku akan menindaklanjuti aspirasi itu dan akan membahas bersama di internal komisi. “Sultra ini adalah daerah potensial pertambangan. Apa yang disampaikan kawan-kawan DPRD Sultra menjadi masukkan kami sebelum revisi UU Minerba ditetapkan,” ujarnya di Gedung DPRD Sultra, kemarin.

Dalam pertemuan itu, turut hadir anggota Komisi VII DPR RI Rusda Mahmud, Mercy Criesty Barends, Andi Ridwan Witiri, Hj Sry Krustina, H. Muhammad Zairullah Azhar dan Saadli Uluputy.
Sebelumnya, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh mengatakan, persoalan tambang di Sultra cukup pelik. Hidup sejahtera yang diimpikan masyarakat dengan adanya aktivitas pertambangan di Sultra hanya mimpi belaka. Faktanya sengsara menjadi realitasnya. “Kita hanya dapat debu dan mereka (perusahaan tambang, red) menikmati hasilnya. Hanya ancaman bencana menjadi warisan yang akan ditanggung masyarakat Sultra,” ujar Ketua DPW PAN Sultra itu.

Lain lagi aspirasi yang disampaikan Ketua Komisi III DPRD Sultra Suwandi Andi. Dia menyampaikan soal aturan-aturan pertambangan cenderung tidak lagi berada pada domain pemerintah daerah. Terutama perizinan tambang. Sedangkan anggota DPRD Sultra, Rasyid menyampaikan adanya indikasi ketidakadilan pembagian dana bagi hasil (DBH) pertambangan. (yog/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy