Selamat Datang Bu Siska, Oleh : Prof. Hanna – Kendari Pos
Kolom

Selamat Datang Bu Siska, Oleh : Prof. Hanna

KENDARIPOS.CO.ID — Namanya, dr. Siska Karina Imran. Dia terpilih sebagai Wakil Wali Kota Kendari yang dipilih oleh rakyat melalui DPRD Kota Kendari. Dia akan mendampingi Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir untuk membangun Kendari yang berbudaya.

Saya tertarik membaca tulisan Bung La Ode Diada Nebansi (Direktur Kendari Pos) pada edisi 10 Maret 2020. Ulasan “Kursi-kursi panas Itu” sangat menarik dan inspiratif bagaimana seorang Siska memenangkan pertarungan. Kemenangan itu hanyalah satu proses demokrasi yang tak terbantahkan. Tidak bisa kita pungkiri bahwa dalam pemilihan seperti ini pasti ada pemenang dan ada yang kalah.

Persoalan khianat dan mengkhianati dalam dunia seperti ini tidak bisa kita pungkiri, tetapi bukan merupakan sesuatu yang mesti kita klaim siapa pelakunya. Karena masalah pilihan, adalah demokrasi. Istilah demokrasi berawal dari bahasa Yunani, yakni demokratia. Kata ini terbentuk dari kata demos yang berarti rakyat, dan kratos yang berarti kekuatan atau kekuasaan. Jadi, demokrasi sepadan artinya dengan kekuasaan rakyat. Kekuasaan itu mencakup sektor sosial, ekonomi,
budaya, dan politik. Oleh karena itu jika kemenangan Siska sudah seperti harapan rakyat yang diwakili oleh anggota DPRD Kota Kendari.

Demikian juga demokrasi secara umum adalah sistem pemerintahan dengan memberikan kesempatan kepada seluruh warga negara dalam pengambilan keputusan. Keputusan itu akan berdampak bagi kehidupan seluruh rakyat. Arti lainnya adalah rakyat bertindak sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Sistem pemerintahan ini, mengizinkan seluruh warga negara untuk berpartisipasi aktif. Peran serta itu bisa diwakilkan atau secara langsung dalam perumusan, pengembangan, dan penetapan undang-undang. Setiap ahli memiliki penafsiran tersendiri terhadap demokrasi. Meskipun bermuara pada tujuan yang sama.

Abraham Lincoln berpendapat kalau demokrasi merupakan sistem pemerintahan, yang dirancang dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Sedangkan bagi Charles Costello, demokrasi termasuk sistem sosial dan politik, yang membatasi kekuasaan pemerintah dengan hukum. Demi melindungi hak seluruh warga negara.

Bisa diasumsikan bahwa kehadiran Siska di panggung politik tentu banyak orang yang mengkhawatirkan kemampuan dalam mengemban tugas kenegaraan. Tetapi justru saya berpikir bahwa kehadiran Siska mendampingi Sulkarnain Kadir selaku wali kota sudah sangat tepat.

Seperti yang kita ketahui bahwa sekira dua tahun Sulkarnain Kadir memimpin Kota Kendari dan jujur banyak dinilai bahwa pembangunan Kota Kendari berjalan signifikan. Sebut saja, pembangunan kantor wali kota, taman kota, pembangunan drainase dan penataan sistem pajak penghasilan.

Tentu saja Wali Kota Kendari terpilih, Siska dengan tulus akan membantu wali kota mewujudkan visi misi Pemkot Kendari. Pernyataan itu membawa angin segar dan kita yakin bahwa Siska akan mampu bekerja sama dengan wali kota. Hal ini disebabkan beberapa faktor antara lain, meski tidak pernah menjadi pemimpin daerah tetapi Siska anak mantan bupati dua periode. Rujukan utama Siska tentang tata kelola manajemen pemerintahan dari sang ayah, Imran (kini anggota DPR RI).

Yang saya maksudkan manajemen adalah mengelola pekerjaan secara rasional dan proporsional. Tentu saja Siska tidak serta merta berpikir mencaplok tugas atasan dan bawahannya, karena ia memahami betul mana tugas sebagai wakil wali kota, dan mana tugas wali kota, dan tugas bawahanya. Saya percaya Siska bukanlah seorang yang diperhamba oleh ambisius jabatan karena sejak kecil ia selalu berada dalam lingkaran para pejabat.

Faktor lain, pendidikan Siska tentu saja sangat membantu proses perjalanan pemerintahan melalui mekanisme dan analisis tepat. Masalah kesehatan di Kota Kendari tidak dapat dipandang remeh. Dunia dengan segala realita yang ada tak mungkin tetap, selalu saja ada perubahan sosial yang terjadi secara lamban maupun cepat. Perubahan sosial mengakibatkan berbagai konflik, anomali sosial, atau kesejahteraan. Semua akan berdampak secara multidimensi di segala seluk kehidupan. Masalah kehidupan dapat dilihat melalui segala bidang seperti ekonomi, psikologis, sosial, budaya, bahkan kriminal.

Masalah yang terlihat di Kendari, yakni masih ada beberapa titik sampah yang belum terselesaikan, anak jalanan lebih sering mengalami dekadensi moral yang diakibatkan oleh pergaulan dan pengaruh lingkungan yang tak biasa diajarkan tata krama. Kehidupan bebas di jalanan membuat anak-anak yang menetap di sana menjadi tumbalnya. Kerasnya kehidupan di jalan merusak masa depan mereka. Mereka tak mampu mengenyam pendidikan akibat harus membantu meringankan beban ekonomi keluarga dengan mengamen, mengemis, memulung sampah, bahkan sampai melakukan perbuatan melanggar hukum.

Apa pantas seorang anak berusia 6 sampai 12 tahun hidup di jalan? Pentingnya pelayanan dan perencanaan kesehatan seharusnya dirasakan dan dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat. Bukankah pembangunan kesehatan harus mencakup seluruh lapisan masyarakat?

Faktor selanjutnya adalah Siska terlahir dari seorang yang berbudaya sehingga tentu saja ia diajarkan oleh kedua orang tuanya bagaimana ia hidup bersosial dan berbudaya dengan masyarakat. Siska paham bahwa mencubit diri sendiri itu sangat sakit, sehingga ia tidak akan mencubit orang lain. Saya percaya Siska dibesarkan dikalangan yang teguh memegang Kalo Sara, sehingga di dalam dirinya akan tetap menjunjung falsafah orang tua leluhurnya melalui fungsi kalosara yakni kalosara sebagai ide dalam kebudayaan dan sebagai kenyataan dalam kehidupan masyarakat Tolaki, kalo sara sebagai fokus dan pengintegrasi unsur-unsur kebudayaan Tolaki, dan kalosara sebagai pedoman hidup untuk terciptanya ketertiban sosial dan moral dalam kehidupan masyarakat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy