Satu ODP Corona di Muna, RSUD Siapkan Ruang Isolasi – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Satu ODP Corona di Muna, RSUD Siapkan Ruang Isolasi

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkab Muna mulai mengambil langkah pencegahan terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19). Seluruh aktivitas warga dan aparatur sipil negara dipantau. Satu orang dikategorikan orang dalam pengawasan (ODP).

ODP tersebut ialah oknum kepala sekolah dasar, berinisial KS. Ia diketahui baru saja kembali dari Vatikan dan Yerusalem selama delapan hari dalam rangka kunjungan religi. Pemkab akan melakukan pemeriksaan medis terhadap Kasek tersebut guna memastikan apakah ada indikasi terpapar virus Covid-19.

“Saya sudah minta medis cek di rumahnya, kesehatannya diperiksa untuk langkah awal. Mudah-mudahan tidak ada gejala. Karena yang bersangkutan ini baru pulang dari Italia yang kita ketahui di sana paling parah (penyebaran corona),” ujar Ruslan, Pelaksana Harian (Plh) Sekab Muna, Senin (16/3).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Pemkab Muna itu menambahkan Pemkab akan menyiapkan langkah komprehensif mencegah penyebaran virus di Kabupaten Muna. Langkah itu yakni penundaan kegiatan dinas luar daerah bagi pejabat Pemkab, pemeriksaan ketat terhadap pejabat yang baru kembali dari luar Muna, pengawasan di pelabuhan rakyat, pemberhentian sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah dan larangan terhadap kegiatan yang melibatkan orang banyak. Teknis penerapannya akan dibahas bersama Forkopimda, instansi vertikal, ormas dan para camat. “Kita akan rapatkan, apa perlu ada satuan tugas sebagai koordinator atau seperti apa teknisnya,” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna, Ashar Dulu membenarkan jika oknum kepala sekolah, berinisial KS berkunjung ke Vatikan dan Yerusalem, belum lama ini. Yang bersangkutan sempat mengajukan izin terkait perjalanan tersebut ke Dinas Dikbud Muna. “Izin dari 14 hari yang lalu. Saya sudah coba hubungi untuk pemeriksaan kesehatan,” kata Ashar.

Direktur RSUD Muna, dr. Muh. Marlin mengatakan masih menunggu hasil pemeriksaan ODP Covid-19 tersebut. Hasil pemeriksaan itu menjadi dasar menentukan perlakuan medis selanjutnya.
Manajemen RSUD Muna juga melakukan langkah antisipasi kemungkinan adanya pasien suspect maupun positif Covid-19. Beberapa diantaranya ialah pemberlakukan screening di lingkungan RSUD baik pasien rawat jalan, gawat darurat dan rawat inap.

Selain itu, pembentukan satuan tugas lingkup RSUD, pendataan alat perlengkapan medis dan kefarmasian. RSUD juga sudah menyiapkan satu ruang isolasi khusus. “Sejak Januari disiapkan sebagai langkah pencegahan. Kami berharap tidak ada kasus baik suspect maupun positif corona di Muna. Kami imbau masyarakat menjaga diri masing-masing,” imbuhnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy