Salmonas Siap Launching, Non-DT Bisa Bayar Pajak di Sultra – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Salmonas Siap Launching, Non-DT Bisa Bayar Pajak di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memudahkan pelayanan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra terus berinovasi. Dalam waktu dekat, Bapenda bakal melaunching aplikasi berbasis IT yang diberi nama Samsat Online Nasional (Samolnas). Penerapan sistem merupakan program kerja sama Bapenda dengan kepolisian, Bank Sultra dan Jasa Raharja.

Dengan diterapkan Samolnas, kendaraan Non-DT bisa membayar kendaraan di Sultra. Pasalnya, sistem ini terintegrasi secara nasional. Tidak hanya urusan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) tahunan, namun juga pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra, Yusuf Mundu mengatakan penerapan sistem Salmonas bagian dari upaya pemerintah lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi Samolnas berbasis self service yang mengedepankan fungsi keamanan, integrasi, dan otomatisasi. “Insya Allah, kita akan launching tanggal 27 Maret mendatang,”terangnya (16/3/2020).

Pemilik kendaraan sambungnya, tak perlu keluar Sultra untuk membayar pajak kendaraan. Sistem ini terkoneksi seluruh Indonesia. “Jadi walaupun Plat B dan plat-plat luar daerah membayar di Sultra, tetapi uangnya akan kembali di transfer ke daerah yang bersangkutan misalnya Jakarta. Begitupun sebaliknya bila plat DT di jakarta bisa membayar di sana nanti uangnya di transfer dengan aplikasi itu,” ungkapnya.

Saat ini, Salmonas dan servernya sudah terpasang di seluruh Samsat yang ada di Sultra. Ini merupakan salah satu inovasi kemudahan pembayaran PKB. Jadi orang Jakarta tidak perlu ke Jakarta lagi membayar pajaknya. Tetapi kedepan akan ada tata cara menarik pajak itu agar tetap masuk dalam PAD Sultra. “Upaya pelayanan akan kita permudah sehingga plat-plat non DT bisa terakses dan dipindahkan ke DT. Sebab mereka sudah membuka usaha di sini, otomatis PAD yang harus ditingkatkan juga wilayah tempatnya berusaha. Kalau belum DT otomatis di kirim ke Jakarta lagi, sedangkan dia sehari-harinya menggunakan sarana prasarana kita,”terangnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy