RSUD Kota Kendari Siap Layani Pasien Corona – Kendari Pos
Metro Kendari

RSUD Kota Kendari Siap Layani Pasien Corona

RSUD Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Sebaran penderita virus Corona terus meluas. Hingga kini, jumlah penderita yang terserang virus Covid 19 di Indonesia sudah lebih dari 100 pasien. Tak ada jaminan, Kota Kendari bisa bebas dari Covid 19. Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah menyiapkan fasilitas penanganan pasien virus Corona.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, dr Sukirman mengatakan telah menyiapkan gedung khusus menangani pasien suspect corona. Sesuai persyaratan ruang perawatan telah memenuhi persyaratan. Selain gedungnya tersendiri, lokasinya jauh dari ruangan perawatan pasien umum dan jangkauan pengunjung sehingga cocok dijadikan ruang isolasi.

“Untuk memaksimalkan penanganan, kami terus melengkapi peralatan medis. Insya Allah, kami sudah siap melayani pasien suspect corona dan positif corona. Ruang perawatan pasien Corona mampu menampung sembilan sampai sepuluh pasien,” kata dr Sukirman kemarin.

Saat ini katanya, RSUD Kota Kendari dalam posisi siaga. Bila ada pasien yang suspect corona, para tenaga medis siap memberi pelayanan. Pada dasarnya, pihaknya tidak ingin kecolongan. “Jika ada yang dicurigai terserang corona, kita isolasi dulu di ruangan khusus tersebut. Apabila positif maka kita rujuk ke RS Bahteramas. Bila RS Bahteramas penuh, kami akan tangani langsung,” ujarnya.

Kesiapsiagaan RSUD Kota Kendari lanjut dr Sukriman, guna menindak lanjut instruksi Wali Kota Kendari, Sulkarnain. Melalui surat edaran (SE) tertanggal 16 Maret 2020, Wali Kota menginstruksikan kepada seluruh tenaga dan fasilitas pelayanan kesehatan dalam keadaan siaga menghadapi penyebaran pandemi covid-19.

Sebelumnya, Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir meminta jajarannya meningkatkan kesiapsiagaan. Tidak hanya Dinas kesehatan (Dinkes) dan Rumah Sakit (RS), ia turut menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, camat dan lurah harus bahu-membahu melakukan upaya pencegahan.

“Saya harap selurhh OPD, camat dan lurah untuk meningkatkan pola hidup sehat, Karena virus corona ini jika kita dalam kondisi sehat, insya Allah kita bisa terhindar,” ujarnya.

Bagi warga yang mengalami langsung gejala, Politisi PKS minta untuk segera ke fasilitas kesehatan khususnya rumah sakit (RS). Ia menyarankan warga tidak panik. Sebab tubuh demam dan panas tidak serta merta diidentikan dengan Corona.”Kita berharap penanganannya segera mungkin dilakukan. Ciri-cirinya itu kah panas tinggi, batuk kering, dan sesak nafas. Jangan karena panas, batuk dan sesak nafas, langsung divonis Corona,” bebernya. (b/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy