Rencana Pembangunan 10 Sekolah di Kolut Terkendala Lahan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Rencana Pembangunan 10 Sekolah di Kolut Terkendala Lahan

Kemendikbud meminta pihak Dikbud Kolaka Utara membangun 10 unit SD dan SMP. Sayangnya lahan untuk mendirikan sarana pendidikan tersebut belum ada.

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) untuk membangun 10 unit Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sayangnya, peluang tersebut belum dapat direspon cepat. Kesiapan lahan pembangunan sekolah menjadi kendala.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (PPD) Dikbud Kolut, Ismail, mengatakan, permintaan pembangunan maksimal 10 unit itu merupakan saran dari pihak Kementerian. Dikbud Kolut tentunya menyambut positif hal itu namun belum bisa direalisasikan. “Kami sudah cari-cari namun belum dapat lahan yang siap sampai saat ini,” ujar Ismail, Minggu (1/3).

10 unit itu terbagi atas delapan jenjang SD dan dua gedung SMP. Untuk pendidikan dasar dikatakan dibutuhkan lahan seluas satu hektare dan jenjang menengah dua hektare. Dikbud menyiapkan lahan dan untuk pendanaan pembangunan dari Pemerintah Pusat. “Syarat minimal SD misalnya sudah mencukupi 20 calon murid dan dukungan jumlah kepala keluarga masyarakat setempat,” tuturnya.

Sedangkan untuk syarat jenjang SMP dikatakan minimal terdapat empat SD di wilayah tersebut. Secara jumlah, sekolah di bawah kewenangan Dikbud Kolut sudah dianggap ideal sesuai jumlah penduduk daerah itu. Hanya saja, lokasinya tidak merata hingga dalam satu desa terkadang ada yang belum memiliki sekolah. Jumlah SD di Kolut ada 111 unit dan SMP 36 unit. Jika ada lahan yang siap dan di desa itu masyarakat serta aparaturnya menginginkan pembangunan tempat belajar, maka Dikbud bakal memfasilitasi.

“Sasaran pemerintah setidaknya dalam satu desa terdapat satu SD. Apakah dalam kota kecamatan atau di gunung, asal syaratnya terpenuhi,” pungkas Ismail. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy