Rebut Rekomendasi PKS, Rusman Emba Kunci Tiket Pilkada Muna 2020 – Kendari Pos
Politik

Rebut Rekomendasi PKS, Rusman Emba Kunci Tiket Pilkada Muna 2020


KENDARIPOS.CO.ID — LM. Rusman Emba dipastikan mengunci satu tiket Pilkada Muna 2020. Ia menjadi bakal calon pertama yang memenuhi syarat dukungan minimal untuk melaju ke pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum setempat.

Plt. Ketua DPW PKS Sultra, Yaudu Salam Ajo (kiri) menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada LM. Rusman Emba (tengah) sebagai bakal calon bupati Muna di Kendari

Rusman meraih tiket Pilkada melalui pintu Partai Keadilan Sejahtera dan partai Golkar. Kepastian tersebut diperoleh setelah LM. Rusman Emba meraih rekomendasi PKS. Dengan begitu, Rusman kini punya enam kursi dukungan yang berarti telah memenuhi 20 persen dukungan parlemen untuk melaju ke Pilkada tahun ini. Masing-masing dukungan itu antara lain empat kursi partai Golkar dan dua kursi PKS.

PKS telah menyerahkan rekomendasi kepada Rusman. Rekomendasi itu dituangkan dalam surat bernomor 105/SKEP/DPP-PKS/2020 yang diteken Presiden partai, Mohammad Sohibul Iman dan Sekretaris Jenderal Mustafa Kamal pada 19 Maret lalu. Surat yang dikeluarkan DPP itu dinyatakan sah dan final sebagai bukti dukungan partai untuk digunakan ke pendaftaran di KPU.

“PKS resmi mengusung LM. Rusman Emba sebagai calon Bupati dan Bahrun Labuta sebagai calon Wakil Bupati Muna periode 2020-2024,” kata Yaudu Salam Ajo, Plt. Ketua DPW PKS Sultra kepada Kendari Pos, Jumat (27/3).

Yaudu Salam menerangkan, PKS sudah melakukan penjaringan mulai dari kabupaten, provinsi hingga pusat. Sebelum sampai pada keputusan mengusung LM. Rusman Emba, PKS sudah lebih dulu mengkaji secara komprehensif melalui matriks analisa. Presentasi dilakukan oleh panitia kabupaten dan provinsi untuk membedah plus minus masing-masing figur.

Matriks analisa yang dilakukan meliputi aspek elektabilitas, visi misi hingga komitmen terhadap partai. Hasilnya, dukungan PKS mengerucut pada dua nama yakni LM. Rusman Emba dan LM. Baharuddin. “Keduanya sama-sama diusulkan ke tim penjaringan pusat,” jelas Yaudu.

Meski demikian, Yaudu mengakui nama LM. Rusman Emba memang punya akumulasi nilai tertinggi. Rusman memenuhi seluruh syarat baik secara politik maupun kinerja pemerintahan. Hal itu didasarkan pada hasil survei lembaga independen yang menyatakan kepuasan publik pemerintahan Rusman cukup tinggi. PKS pun menyimpulkan Rusman punya kinerja baik. “Berarti petahana masih punya nilai sosial yang bagus. PKS juga merasa punya koneksi yang bagus dengan Rusman,” tambahnya.

Menariknya, PKS menyerahkan tiket gratis bagi Rusman. PKS tak memasang kader sebagai wakil melainkan mendukung Bahrun Labuta untuk calon wakil bupati. Yaudu menjelaskan, partainya memang berniat mendorong kader La Pili di Pilkada Muna. Namun sampai batas waktu penyerahan rekomendasi ke DPP, La Pili belum dipinang oleh bakal calon Bupati. “Kami menilai Bahrun yang sosok birokrat sangat layak. Pengalaman panjangnya akan sangat membantu Rusman dalam memimpin,” terangnya.

Yaudu memastikan seluruh kader akan total mendukung Rusman. Bahkan, pengurus DPW PKS telah menunjuk La Ode Dasnah sebagai penanggung jawab pemenangan di Pilkada Muna. Ia menegaskan, kader militan PKS siap bekerja memenangkan Rusman untuk periode keduanya. “Kita sudah mulai jalan,” tegasnya.

Dukungan PKS tak membuat Rusman jemawa. Rusman Emba menilai, rekomendasi tersebut menjadi spirit dalam melanjutkan pembangunan dan dakwah sebagaimana cita-cita PKS. Ia yakin bisa berkolaborasi dengan kader militan PKS dalam melanjutkan pemerintahan ke depan.

Kendati begitu, Rusman meminta simpatisannya agar tak berlebihan menyikapi dukungan politik ditengah pandemi Covid-19 ini. Kata dia, untuk sementara keselamatan masyarakat Muna lebih utama untuk saat ini. “Kita akan berjuang bersama PKS. Tetapi saat ini mari fokus ke penanganan wabah dulu,” ujar Rusman Emba. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy