Raperda Pemekaran Kecamatan Nambo Dibahas Ulang – Kendari Pos
Politik

Raperda Pemekaran Kecamatan Nambo Dibahas Ulang

Ilham Hamra

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menolak dokumen pemekaran Kecamatan Nambo yang diajukan DPRD-Pemkot Kendari melalui Pemprov Sultra. DPRD Kota Kendari bakal membahas ulang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pemekaran Kecamatan Nambo.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Kendari, Ilham Hamra menerangkan Raperda tentang perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Kota Kendari nomor 2 tahun 2017 tentang pembentukan Kecamatan Nambo akan segera dibahas ulang. Saat ini, pihaknya masih mencari waktu yang tepat untuk mulai pembahasan.

Adapun agenda pembahasannya kata Ilham, yakni soal tapal batas dan titik kordinat batas wilayah kelurahan yang nantinya masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Nambo, batas wilayah Kecamatan Nambo dengan kecamatan lain, batas Kecamatan Nambo, Kota Kendari dan Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

“Sebenarnya Raperda yang telah kami susun dan diserahkan Pemprov kemarin tidak ditolak. Hanya disuruh revisi saja. Jadi pekan ini kita akan bahas,” ulangnya pertegas.

Karena Kecamatan Nambo belum diakui sebagai kecamatan defitinif, kata Ilham, untuk sementara kecamatan tersebut harus kembali di kecamatan Induk, Abeli. “Saat ini sudah berjalan seperti semula. Dia (Kecamatan Nambo) sudah jadi kelurahan kembali. Adapun anggaran yang sudah terlanjur dipakai sebelum perda direvisi, kami akan meminta kebijakan kementerian,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menjelaskan bahwa salah satu alasan pemekaran Nambo menjadi kecamatan baru adalah untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Saat saat masih bergabung dengan Kecamatan Abeli, pengurusan berkas administrasi cukup jauh, misalnya saja Kelurahan Tondonggeu yang berada di perbatasan Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Pemekaran ini pun kata Sulkarnain, akan mempermudah koordinasi antar kelurahan dengan Pemkot sehingga program strategis bisa dijalankan dengan baik. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy