Proyek PHJD Mulai Action – Kendari Pos
Metro Kendari

Proyek PHJD Mulai Action

KENDARIPOS.CO.ID — Proyek pengerjaan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) mulai action. Tahun 2020 ini, sebanyak sembilan ruas jalan akan dibenahi. Tidak hanya seputaran Ibukota Kendari dan Konawe, namun juga di wilayah kepulauan. PHJD ini merupakan tahap II. Tahap pertama, proyek yang dibiayai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR) menelan anggaran Rp 81 miliar. Tahun ini, anggarannya sekitar Rp 70 miliar.

Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim mengatakan tahapan lelang pengerjaan PHJD sudah rampung. Saat ini, pengerjaannya sudah dimulai. “Untuk tender proyek PHJD sudah ada pemenangnya. Sekarang malah jalan,” beber Abdul Rahim kemarin.

PHJD kata dia, terbagi dua paket. Paket pertama yakni wilayah daratan yakni jalan Unnunggu Kendari, jalan Pangeran Antasari Kendari, Jalan Dewi Sartika, Batu gong batas kota Kendari Labibia, dan Batas Kota Kendari Labibia -Dr Sutomo. Untuk paket kedua yaitu wailayah kepualan. Untuk wilayah kepualauan ada empat ruas jalan yang diperbaiki yakni di Kabupaten Buton, Kota Baubau, dan Buton Selatan (Busel).

“Kalau di Busel, ada dua ruas jalan yang dibenahi. Total anggarannya sambungnya sekitar Rp 70 miliar. Untuk paket daratan Rp 40 miliar dan kepulauan Rp 30 miliar. Sesuai target, pengerjaannya tuntas akhir tahun ini,” jelasnya.

Pembangunan jalan PHJD ini kata dia, dimaksudkan untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional. Di mana substansinya adalah untuk meningkatkan kemantapan jalan. Untuk itulah, perlu dilakukan dengan baik sesuai arahan program. “Saya berharap pelaksanaan proyek PHJD ini berjalan rencana. Jika pelaksanaan baik tentu ini akan sangat bagus,” tutupnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy