Proyek Jalan Penghubung Konawe-Konut Terbengkalai, Anggaran Rp 100 Miliar Kemana? – Kendari Pos
Nasional

Proyek Jalan Penghubung Konawe-Konut Terbengkalai, Anggaran Rp 100 Miliar Kemana?

Kondisi Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan antara Kabupaten Konawe dan Konawe Utara. Kondisi terparah terjadi di Desa Paku Jaya Kecamatan Morosi, Kab. Konawe yang berbatasan langsung Kecamatan Motui Kabupaten Konawe Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Proyek jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut), tepatnya di Kecamatan Morosi dibiarkan terbengkalai. Kondisi jalan mulai digarap sekira awal tahun 2016 itu kondisinya kian memprihatinkan.

Terparah terjadi di Desa Paku Jaya Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe. Anggaran yang digelontorkan untuk proyek itu sekitar Rp 100 miliar lebih, dengan panjang sekira 16,3 kilometer. Padahal jalan arteri itu sangat dinantikan perbaikannya namun hingga kini tak ada tanda-tanda ke arah itu.

Pantauan Kendari Pos, ruas jalan itu masih nampak galian alat berat bekas proyek yang tak kunjung tuntas. Kondisi jalan berkubang dan berbalut lumpur. Di musim kemarau, debu beterbangan. Nada protes dari warga yang tinggal di sekitar ruas jalan kerap disuarakan.
Sayangnya, nada minor dari jeritan rakyat tak dihiraukan oleh pemerintah.

“Kami berharap jalan arteri ini secepatnya dituntaskan. Kasihan kami warga yang sering melintasi jalan ini. Kami sudah tak sanggup setiap hari hari melawan jebakan lumpur dimusim hujan,”ujar Harmono, warga Konawe Utara yang rutin melintas di jalur ruas Konut-Konawe itu, Kamis (12/3).

Kondisi jalan itu mendapat sorotan dari legislator Sultra, Muh Endang SA. Sebagai bentuk keprihatinan dan kekecewaan, Ketua DPD I Partai Demokrat Sultra itu menyoroti kinerja pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR yang dianggap tidak tanggap dengan persoalan jeritan rakyat kecil.

“Sangat prihatin dan kecewa dengan kinerja pemerintah pusat karena tidak memperhatikan jalan yang sudah menahun rusak. Padajal jalan tersebut sangat vital sebagai akses yang menghubungkan dua kabupaten yakni Konawe dan Konawe Utara,”kritik Muh Endang.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy