Posisi Jagoan PAN Dinilai Kurang Menguntungkan di Pilkada – Kendari Pos
Politik

Posisi Jagoan PAN Dinilai Kurang Menguntungkan di Pilkada

Ubedilah Badrun


KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan baru saja mengumumkan kepengurusan PAN periode 2020-2025. Sesuai prediksi banyak pihak, mantan Menhut ini tidak memasukan nama Amien Rais dalam kepengurusan. Bagi sebagian kalangan, langkah ini dinilai blunder. Sebab, bisa merugikan jagoan PAN di Pilkada nanti. Maklum ketokohan Amien masih begitu kental.

Direktur Eksekutif Center for Social Political Economic and Law Studies (CESPELS), Ubedilah Badrun mengatakan, PAN pada tahun ini terlihat seperti Organisasi Masyarakat (Ormas) yang baru berdiri. Hal ini karena terjadinya konflik internal pada saat Kongres. Bahkan, konflik internal tak hanya terjadi pada saat Kongres. Saat menentukan struktur kepengurusan PAN 2020-2025 pun terjadi hal yang sama. “Tentu ini sedikit banyak akan berimbas di pilkada. Apalagi Zulhas sengaja menyingkirkan Amien Rais dari struktur kepengurusan PAN. Ini sangat berisiko,” ungkap Ubedilah, kemarin.

Selain itu kata Ubedilah, di internal PAN dinilai masih terus dilanda problem. Dari 59 orang pengurus selain Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, MPP, dan Mahkamah Partai, terdapat 10 persen yang dinilai para aktivisnya menjadi pengurus DPP PAN karena nepotisme anak Zulkifli Hasan. “Ini tentu sangat disayangkan, mengingat PAN lahir justru karena salah satunya menolak nepotisme. Zulkifli Hasan perlu diingatkan soal ini,” ucapnya.

Sambung Ubedilah, Zulhas seharusnya menghindari pola-pola nepotisme yang berdampak pada tidak sehatnya partai yang dipimpin Zulhas nantinya. “Dalam perspektif demokrasi, pola-pola nepotisme menjadi salah satu faktor yang membuat partai politik tidak tumbuh sehat. Oleh karena itu, seharusnya partai seperti PAN konsisten menolak nepotisme,” katanya.

Senada dengan itu, Pakar Komunikasi Politik Sultra, Dr Muh Najib Husain menilai, bukan hanya rentan di pilkada, tapi juga berpotensi muncul partai baru. “Apalagi Amien Rais punya banyak loyalis. Jadi, potensi muncul partai baru sangat besar,” ujarnya. (ono)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy