Polres Bombana : Waspada Pelaku Kejahatan yang Memanfaatkan Wabah Corona – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Polres Bombana : Waspada Pelaku Kejahatan yang Memanfaatkan Wabah Corona

AKBP Andi Herman

KENDARIPOS.CO.ID — Kekhawatiran warga atas mewabah virus Corona ternyata dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggung jawab. Dengan modus mengaku sebagai petugas kesehatan, mereka datang ke rumah warga. Saat warga lengah, mereka pun beraksi mengambil harta dan barang pemilik rumah.

Kapolres Bombana, AKBP Andi Herman mengatakan pelaku kejahatan selalu mencari celah dan mengambil kesempatan dalam hal apapun. Mewabahnya Covid-19 justru dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. “Jadi, modusnya mereka menyamar sebagai petugas kesehatan yang akan memeriksa. Secara door to door, mereka berkunjung ke rumah warga,” jelasnya kemarin.

Kejadian ini kata dia, belum terjadi di Bombana. Namun aksi pencurian dan perampokan dengan modus ini sudah terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Untuk itulah, ia mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati. Pasalnya, kejahatan bisa kapan saja terjadi saat warga lengah.

“Jadi untuk mengantisipasi itu, bila ada yang datang menawarkan pemeriksaan kesehatan segera tak atau minta surat tugas mereka dan identitasnya. Kalau tidak ada yang mengganjal segera laporkan pihak Kepolisian terdekat,” imbaunya.

Mantan Kapolres Buton itu meminta masyarakat agar tidak terprovokasi dengan informasi yang sumbernya tidak jelas, karena akan menimbulkan keresahan kepada masyarakat. Apalagi menyebarkan berita hoax tentang Covid-19 karena bila terbukti akan diproses hukum. “Baru-baru vidio penyebar Vidio TKA telah ditangkap karena menyebarkan informasi yanh hoax yang menyebabkan kepanikan masyarakat. Ini jangan terjadi lagi olehnya itu kita harus bijak memilih informasi,” tutupnya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy