Politisi Gerindra Minta Pilkada Diundur – Kendari Pos
Politik

Politisi Gerindra Minta Pilkada Diundur

Arief Poyuono

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI harus segera bersikap terkait penyelenggaraan Pilkada 2020 di tengah wabah virus corona yang terus menyebar. Salah satunya dengan melakukan penundaan seluruh gelaran Pilkada. Hal itu disampaikan akil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono.

“Pilkada 23 September harus diundur terkait Covid-19. KPU juga harus mengeluarkan surat edaran untuk melarang bakal calon kepala daerah dan tim suksesnya yang saat ini masih saja melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan masyarakat,” kata Arief Poyuono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/3).

Langkah tegas tersebut harus dikeluarkan KPU sebagai penyelenggara negara mengingat pengumpulan massa sangat membahayakan masyarakat. Jika nekat digelar, bukan tidak mungkin Covid-19 makin meluas. “Dan masyarakat yang daerahnya ada penyelenggaraan Pilkada 2020 sebaiknya jangan mau hadir atau berpartisipasi dalam acara sosialisasi yang dilakukan bakal calon kepala daerah dan tim suksesnya karena berisiko terjangkit virus corona nantinya,” tegasnya.

Arief Poyuono juga mengaku akan mengusulkan Ketum Gerindra, Prabowo Subianto menghentikan kegiatan penyaringan bakal Cakada hingga situasi kondusif. “Serta mengimbau para kader Gerindra di seluruh Indonesia mematuhi ajakan pemerintah dalam mengatasi Covid-19 serta membantu pemerintah menyosialisasikan pencegahan Covid-19 dengan mengunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp,” harapnya.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir telah mengimbau KPU kabupaten menunda sejumlah tahapan hajatan demokrasi. Di antaranya, pelantikan dan masa kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) dan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit), serta pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

“Tapi bagi yang telah siap melantik PPS dan daerah tersebut dinyatakan belum terdampak covid-19. Maka pelantikan PPS dapat terus dilanjutkan dengan ketentuan masa kerja yang akan diatur kemudian hari. Tapi saya tetap menyarankan agar sebaiknya ditunda dulu sesuai keputusan tertinggi,” jelasnya. (nto)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy