PKB Kukuh dapat Jatah Wabup di Pilkada Muna – Kendari Pos
Politik

PKB Kukuh dapat Jatah Wabup di Pilkada Muna

PKB

KENDARIPOS.CO.ID — Arah dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pilkada Muna 2020 semakin terbuka. Partai pemilik empat kursi di DPRD Muna itu resmi mengeluarkan surat tugas kepada LM. Rusman Emba sebagai calon Bupati dan Bahrun Labuta sebagai calon wakil Bupati. Meski demikian, pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Muna masih bersikukuh soal nama wakil yang tertera dalam surat tugas tersebut.

PKB mengeluarkan surat persetujuan dengan nomor 215/DESK-PILKADA/PKB/III/2020. Petikan surat diteken Ketua Desk Pilkada Faisol Riza pada 5 Maret 2020 dengan beberapa poin penugasan kepada LM. Rusman Emba dan Bahrun Labuta selaku pasangan calon di Pilkada Muna. Penugasan itu antara lain segera mencari partai koalisi guna melengkapi syarat minimal enam kursi untuk pendaftaran di KPU, berkoordinasi dengan pengurus DPC dan DPW PKB Sultra dalam hal penugasan itu.

Rusman dan Bahrun dideadline 7 April 2020 agar melaporkan segala perkembangan komunikasi politik berkaitan penugasan tersebut. Surat tugas dapat dibatalkan jika koalisi tidak mencukupi atau partai telah menerbitkan surat keputusan dukungan yang baru.

Ketua DPC PKB Muna, La Ode Arwaha Adi Saputera membenarkan jika surat itu dikeluarkan resmi oleh partai. Bahkan pengurus DPC sudah diberitahu dua hari sebelum surat diteken. “Suratnya benar. Sesuai mekanisme internal memang surat persetujuan diteken Desk Pilkada,” jelasnya.

Mantan calon Bupati Muna periode 2015 lalu itu menambahkan, nama Rusman direkomendasikan karena dinilai layak oleh partai. Partainya juga tidak merekomendasikan kader sebagaimana komitmen selama ini untuk duduk di posisi wakil karena pertimbangan beberapa hal. Namun Arwaha tak menyebutkan. Dirinya mengatakan jika Bahrun Labuta diusulkan sendiri oleh LM. Rusman Emba. “Tapi itu masih berproses, sepanjang rekomendasi belum keluar nama itu bisa berubah,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Sultra Jaelani justru belum memastikan jika surat persetujuan itu benar-benar lahir dari DPP, kendati melalui Desk Pilkada. Ia sangsi karena partainya sudah memastikan akan mengusung kader, paling minimal di posisi Muna-2. Kata dia, kesepakatan itu sudah diambil dalam forum bersama seluruh tingkat pengurus partai. “Saya masih yakin kalau kader yang pasti akan diusung. Tetapi soal kepastian surat itu masih akan saya cek dulu,” terangnya.

PKB merupakan partai kedua setelah Hanura yang resmi mengeluarkan surat tugas di Pilkada Muna. Jaelani sendiri yang digadang mendampingi LM. Baharuddin di Pilkada Muna masih optimis akan dapat dukungan partainya. Makanya, dirinya akan melakukan konfirmasi langsung di Desk Pilkada. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy