Pinjaman Pemprov Sultra Rp 1,1 Triliun Belum Disetujui Pemerintah Pusat – Kendari Pos
Nasional

Pinjaman Pemprov Sultra Rp 1,1 Triliun Belum Disetujui Pemerintah Pusat

KENDARIPOS.CO.ID — Hampir empat bulan diajukan, pinjaman pemerintah Provinsi Sultra kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 1,1 triliun kian samar-samar. Restu pemerintah pusat pun belum terlihat. Anggota Komisi II DPRD Sultra, Raysid mengungkapkan pinjaman yang dilayangkan Pemprov ke PT.SMI belum ada tanda-tanda akan disetujui.

“Kalau memang belum ada kesepakatan antara Kemendagri dan Kemenkeu, maka harus ada terobosan yang dilakukan. Awalnya persentase pada waktu itu, sebelum pergantian menteri, telah ada sinyal untuk diberikan pinjaman kepada Pemprov. Artinya sinyal pinjaman itu sudah ada tinggal bagaimana usahanya,” ujar Rasyid kepada Kendari Pos, kemarin.

Rasyid mengungkapkan Mendagri Tito Karnavian memiliki ketelitian yang sangat tinggi. “Sehingga gubernur harus membangun komunikasi, memaparkan kembali terkait rencana pinjaman. Bila perlu mengajak DPRD Sultra untuk duduk bersama dan berdiskusi bersama pihak Kemendagri,” tuturnya.

Rasyid menegaskan jika sesuai rencana, idealnya pinjaman Pemprov Sultra itu sudah dapat dicairkan Maret ini. Namun sampai saat ini justru kian sama.Bahkan tak kunjung cair pula.

Politisi PKS itu mengusulkan jika tidak ada kejelasan atau tidak direstui pinjaman itu maka harus dilakukan revisi APBD 2020. “Jangan sampai APBD tersandera dengan situasi sekarang. Karena, progresnya dari mega proyek yang dicita-citakan gubernur itu tidak akan jalan. Saya harap segera mendapatkan kejelasan terkait progres pinjaman tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, Robert mengungkapkan bahwa progres pinjaman Pemprov Sultra ke PT.SMI masih dalam tahapan penelitian berkas. “Karena ada beberapa dokumen yang baru diselesaikan per 31 Desember 2019. Bahkan, ada yang baru rampung awal Februari kemarin terkait dengan izin lingkungan,” jelasnya.

Setelah proses penelitian berkas rampung, selanjutkan akan dilakukan kunjungan ke lapangan pada Minggu pertama atau kedua bulan Maret. “Insya Allah akhir Maret terkait pinjaman akan mendapatkan kejelasan terkait proses pencairannya,” pungkasnya. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy