Pertumbuhan Ekonomi Konawe Tertinggi di Sultra : Orang Miskin Berkurang, IPM Meningkat – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pertumbuhan Ekonomi Konawe Tertinggi di Sultra : Orang Miskin Berkurang, IPM Meningkat

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (kanan) menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-60 Kabupaten Konawe, Selasa (3/3) di Bumi Perkemahan Sulemandara Kecamatan Pondidaha.

KENDARIPOS.CO.ID — Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Kabupaten Konawe diperingati dalam upacara di bumi perkemahan Sulemandara Kecamatan Pondidaha. Nuansa budaya begitu kental. Peserta upacara, kompak mengenakan busana khas adat Tolaki. Tak terkecuali Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa yang menjadi inspektur upacara (Irup).

Busana kebesaran khas adat Tolaki juga dikenakan Wakil Bupati Konawe yang mendampingi Kery S.Konggoasa di atas panggung upacara. Ketua DPRD Ardin dan para pimpinan OPD juga kompak mengenakan busana adat dan tenunan khas Tolaki. Tamu Forkompimda mengenakan seragam lembaga masing-masing. Lapangan upacara di Bumi Perkemahan Sulemandara kental dengan sentuhan khas Tolaki. Kondisi lapangan sedikit basah, namun tak mengurangi kemeriahan dan semengat peserta upacara hari jadi Kabupaten Konawe.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengatakan, perayaan HUT Konawe kali ini sangat berbeda karena dilaksanakan di lokasi yang jauh dari pusat ibu kota Konawe. Maknanya bahwa kontribusi pembangunan bukan hanya datang dari masyarakat kota melainkan dari masyarakat desa. “Sehingga, kebahagiaan HUT ini harus disaksikan dan dirasakan masyarakat desa pula,” ujar Kery S.Konggoasa dalam amanatnya, Selasa (3/3).

Kery S.Konggoasa memaparkan capaian pembangunan satu tahun pemerintahan pada periode keduanya ini. Dia bersama Wakil Bupati Konawe, Gusli T.Sabara terus membangun dan memoles Kabupaten Konawe. Kini, jaringan telekomunikasi sudah dapat diakses di seluruh kecamatan di Konawe. Sehingga, arus informasi akan semakin mudah diakses masyarakat baik dari internet maupun media sosial.

Saat ini telah memasuki periode digital. Hampir semua aktivitas sosial terkoneksi dengan sistem informasi yang dapat diakses oleh siapa saja. Kaitannya dengan itu, Kery S.Konggoasa mengajak seluruh masyarakat Konawe untuk bijak menggunakan sarana media sosial apapun.

“Mari kita menjadi pegiat media sosial yang cerdas. Jangan menyebar berita-berita yg tendensinya meresahkan masyarakat dan berujung pada disharmonisasi sosial di tengah masyarakat. Perlu disadari, bahwa pelaksanaan pembangunan di daerah tidak akan berjalan dengan baik manakala tidak tercipta kondisi yang kondusif,” ungkap Kery S.Konggoasa.

Kemajuan sosial dan ekonomi yang berjalan sangat cepat mengantarkan Kabupaten Konawe dua tahun berturut-turut menjadi daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi paling tinggi di Sultra. Tahun 2018, pertumbuhan ekonomi di Konawe berada di angka 7,44 persen.

Pada tahun 2019 naik menjadi 9,20 persen. Capaian itu lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi provinsi Sultra yang hanya 6,51 persen dan rata-rata nasional yang hanya 5,08 persen.
“Indikator positif itu tentunya diikuti dengan persentase penurunan angka kemiskinan. Diawal kepemimpinan KSK-GTS, angka kemiskinan berada di angka 15,65 persen. Alhamdulillah, saat ini angkanya turun menjadi 12,34 persen,” urai Ketua Harian DPW PAN Sultra itu.

Bupati Kery S.Konggoasa meyakini pertumbuhan ekonomi yang membaik itu pasti akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Konawe. Namun itu belum cukup. Kery menyebut, peningkatan kesejahteraan juga sulit diwujudkan tanpa dilandasi persatuan dan persaudaraan yang kuat dari masyarakat Konawe. Makanya, ia juga terus mengimbau kepada semua elemen untuk komitmen dalam memajukan daerah berjuluk lumbung padi Sultra tersebut. “Ada pesan simbolik dari para leluhur yang termanifestasi dalam simbol Kalosara. Kita diingatkan untuk terus menjaga persatuan di bumi leluhur tanah kerinduan Konawe,” ucapnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy