Perpustakaan Daerah Kolut Minim Buku – Kendari Pos
Edukasi

Perpustakaan Daerah Kolut Minim Buku

di Perpusda Kolaka Utara tampak kosong, ada yang terisi separuh. Kondisi ini tak mampu memenuhi kebutuhan buku bacaan masyarakat.

KENDARIPOS.CO.ID — Kebutuhan membaca masyarakat Kolaka Utara (Kolut) di Perpustakaan daerah (Perpusda), relatif tinggi. Hanya saja, minat baca tersebut terkendala akan koleksi buku yang dimiliki perpustakaan tersebut.

Saat ini, sejumlah rak buku bacaan di ruang Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terlihat kosong. Pihak terkait mengaku kekurangan buku sehingga tidak bisa memenuhi permintaan sebagian pengunjung yang datang memilih koleksi buku yang tersedia di kantornya.

Kadis Perpusda Kolut, Syamsu Rijal kepada Kendari Pos, mengaku sekalipun telah memasuki era digital yang memudahkan akses e-book, namun umumnya warga Kolut masih memanfaatkan koleksi buku yang ada di Perpusda. Namun, pihaknya belum mampu memenuhi hal itu. Ada beberapa kategori buku yang minim persediaan di tempatnya mulai dari kategori sejarah nasional maupun lokal hingga bacaan anak-anak jenjang TK dan SD. “Buku-buku agama juga minim. Tahun ini kami juga pengadaan Alquran,” ujar Syamsu Rijal saat ditemui di ruang kerjanya.

Padahal, sambung Syamsu, kalau dirata-ratakan jumlah pengunjung di instansinya 15-20 orang per hari atau dalam sebulan dikisarkan sebanyak 200 an orang. Perhitungan itu sepanjang Januari-Juni 2019. “Juli-Desember-nya sempat vakum karena pindah tempat untuk sementara waktu dan sementara rehab. Kami mulai aktif kembali Januari tahun ini meski masih ada perbaikan ruangan,” tuturnya.

Koleksi buku Perpusda Kolut saat ini mencapai 32.223 eksemplar. Angka ini dianggap jauh dari angka ideal yang dibutuhkan. Hampir semua kategori bacaan kekurangan dan bahkan minus sama sekali. “Kami berharap kekurangan ini direspon pihak terkait utamanya Pemprov dan pusat menyalurkan bantuan buku-buku bacaan untuk memenuhi pembaca di Kolut,” ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya juga melayani peminjaman buku yang di drop ke sekolah dan perpustakaan desa yang bermohon. Hal itu di luar program perpustakaan keliling setiap pekan ke lembaga-lembaga pendidikan di Kolut. “Desa-desa yang aktif meminjam buku itu dominan mulai wilayah Lasusua ke utara Kolut seperti Kecamatan Ngapa dan sekitarnya. Kalau ke selatan saat ini belum ada,” pungkasnya. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy