Periode Maret 2020, Tujuh Kapal Asing Masuk Sultra – Kendari Pos
Metro Kendari

Periode Maret 2020, Tujuh Kapal Asing Masuk Sultra

Salah satu kapal cargo yang beroperasi di pelabuhan Bungkutoko, Kendari, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sepanjang Maret 2020, ada tujuh kapal asing masuk Sulawesi Tenggara (Sultra). Mayoritas datang dari Negeri Tirai Bambu (Cina) dan Australia. Menyuplai bahan bangunanke sejumlah perusahaan smelter. Meski begitu tak perlu khawatir. Sebab, kapal itu mendapat pengawasan Imigrasi, pemeriksaan ketat Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan KSOP.

Dari catatan Imigrasi, kedatangan Kapal Asing ini mulai menurun drastis. Pada Januari hingga Februari 2020, tercatat ada 39 kapal asing. Namun di periode Maret hanya tujuh kapal saja. Untuk mencegah wabah virus korona maka KKP, Imigrasi, Dinas Kesehatan dan juga Imigrasi membuat kesepakatan untuk mengatur pola pemeriksaan awak kapal asing tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari, Indra Gunawan Mansyur mengungkapkan, tidak ada kebijakan pelarangan kapal asing masuk Sultra. Asalkan kapal asing tersebut legal dan telah diperiksa. Namun, mengantisipasi hal tidak diinginkan (wabah korona) pihaknya memberlakukan karantina mandiri kepada awak dan kapal asing tersebut.

“Kami buat kesepakatan dengan KKP, KSOP, Dinas Kesehatan agar mereka karantina mandiri selama lima hari di pelabuhan. Jadi, kalau misalkan berangkat dari negara Cina selama 9 hari, maka tiba di Sultra, dilakukan karantina lima hari. Jadi, terhitung 14 hari. Ini masa inkubasi untuk pencegahan virus korona,” ungkap Indra saat ditemui di ruangannya, kemarin.

Kesepakatan dan aturan ini sudah diberlakukan sejak dua pekan lalu. Ini dilakukan guna mencegah wabah virus korona di Bumi Anoa. Jadi mekanismenya, pihak KKP yang melakukan pemeriksaan. Jika ada yang positif di atas kapal, tidak boleh ada satupun awak kapal dibolehkan turun, termasuk petugas. “Jadi seperti itu kami terapkan,” ujarnya.

Di Sultra ada sejumlah pelabuhan yang biasa digunakan kapal asing berlabuh. Salah satunya di Pelabuhan Bungkutoko, Kota Kendari. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy