Perencanaan Pembangunan di Koltim Harus Berkualitas – Kendari Pos
Kolaka Timur

Perencanaan Pembangunan di Koltim Harus Berkualitas

Pose bersama usai Musrenbang Kecamatan Tirawuta yang dibuka Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah (keempat dari kanan), kemarin. Kegiatan tersebut untuk menginventarisasi program kerja tahun 2021 mendatang

KENDARIPOS.CO.ID — Musyawarah perencanaan pembangunan daerah (Musrenbang) sebagai proyeksi program kerja tahun 2021 terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim). Terbaru, pelaksanaan jaring aspirasi tersebut dihelat di Kecamatan Tirawuta dan dihadiri langsung Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam kesempatan itu, Tony mengatakan, Musrenbang dilaksanakan secara berjejang mulai dari musyawarah desa, kecamatan, kabupaten sampai nasional. Tahapan itu dimaksudkan untuk menjaring usulan skala prioritas yang dibutuhkan masyarakat masa kini.
“Perencanaan pembangunan mulai dari desa, kecamatan harus berkualitas dilandasi input, output dan benefit. Program kerja dapat dialokasikan melalui dana desa (DD), anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan APBN tergantung skala yang dibutuhkan. Olehnya itu, sebuah perencanaan harus disusun jauh-jauh hari supaya skala prioritas bisa masuk dalam perencanaan tahunan Pemkab Koltim,” jelasnya, Selasa (3/3).

Masyarakat dipersilahkan mengusulkan keinginannya pada Musrenbang untuk kemudian dimusyawarahkan pada tataran Pemkab bersama DPRD. “Memang, tidak semua program akan terakomodir seutuhnya karena keterbatasan anggaran. Mudah-mudahan setiap tahun perencanaan kita bisa lebih baik dan berkualitas,” kata Tony. Ia menambahkan, Pemdes dan masyarakat dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan sentral agrobisnis berdaya saing. Seperti pengembangan tanaman kopi, kakao dan sorgum yang sedang digalakkan pemerintah daerah.

“Saya minta semua Pemdes di Kecamatan Tirawuta dapat mendukung penuh program agribisnis dengan mensinergikan dana desa untuk mengarah pada pengembangan pertanian,” tandas Koltim-1 tersebut. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy