Pengamat: Siska dan AJP Harus Yakinkan Legislator – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pengamat: Siska dan AJP Harus Yakinkan Legislator

KENDARIPOS.CO.ID — Trik elegan partai politik akan tersaji dalam pemilihan Wakil Wali (Wawali) Kota Kendari, 5 Maret nanti. Calon Wawali dr.Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra (JP) sudah intens blusukan menggalang dukungan parpol pemilik kursi di DPRD Kota Kendari.

PKS dan PAN sudah terang-terangan menyatakan dukungan. Parpol lain belum mau terbuka menentukan sikap. Kader parpol di DPRD Kendari masih menunggu arahan partainya. Parpol pemilik kursi minoritas menjadi juru kunci siapa sesungguhnya yang menjadi pemenang Pilwawali Kota Kendari.

Adalah Fraksi Demokrasi Kebangkitan Indonesia (DKI) yang menjadi juru kunci. Meski kursi mereka minoritas di parlemen Kendari, namun sangat menentukan kampiun Pilwawali. Fraksi DKI terdiri dari Partai Demokrat (2 kursi), Perindo (2 kursi) dan PKB (1 kursi). Sedangkan Fraksi PDIP (pemilik 5 kursi) belum menentukan arah dukungan. 10 kursi (suara) ini bakal diperebutkan dr.Siska dan Adi JP di Pilwawali.

Saat ini, dr. Siska diklaim sudah mengantongi 13 dukungan. Masing-masing PAN 5 suara (berdasarkan jumlah kursi), Gerindra 4 suara dan Nasdem 4 suara. Sedangkan Adi JP diklaim sudah mengamankan 12 suara yang berasal dari PKS, 7 suara dan Golkar, 5 suara.

Perwakilan Fraksi DKI dari Partai Demokrat, Ilham Hamra mengungkapkan pihaknya belum mendapat arahan dari partai untuk memilih calon Wawali Kendari, baik dr.Siska Karina Imran maupun Adi JP.

“Kami masih tunggu keputusan partai. Anggota dilarang membangun komunikasi ke kiri atau ke kanan (Siska-Adi JP). Partai yang menilai lalu mengambil keputusan. Mungkin satu atau dua hari ini ada arahan dari partai terkait suara kita mau diberikan kepada siapa,” tuturnya kepada Kendari Pos, Senin (2/3).

Yang jelas, kata Ilham, pertimbangan partai dalam memberikan dukungan tentu merujuk pada calon yang memiliki suara dasar terbanyak di parlemen Kendari. Selain itu, sesi tanya jawab yang akan berlangsung besok (Hari ini, Red), juga bakal menjadi pertimbangan Partai Demokrat dalam menentukan arah dukungan. “Saat ini Siska sudah peroleh 13 suara, sedangkan Adi JP 12 suara. Cukup berimbang. Keputusan (partai) kita tunggu besok saja (sesi tanya jawab hari ini, red),” kata Ilham.

Ditanya solidnya dukungan anggota fraksi DKI, Ilham mengaku dukungan bisa pecah kongsi, bisa juga kompak satu suara (dukungan). “Diinternal kami (Fraksi DKI), kami sepakat untuk satu arah dukungan, terlepas dari arahan partai, nantilah kita lihat. Semua bisa terjadi dan semua bisa berubah (dukungan),” ungkapnya.
Senada dengan Ilham Hamra, Hasbulan (perwakilan Perindo di DPRD Kendari), sejauh ini belum mendapatkan instruksi dari partai perihal dukungan Pilwawali. “Saya belum ada arahan. Makanya saya belum bisa komentar. Dua-duanya calon bagus, putra putri terbaik Kendari. Tentunya kami akan pilih yang terbaik,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kendari, Andi Sulolipu mengungkapkan bahwa sejauh ini PDIP belum menentukan sikap kepada salah satu calon. “Insya Allah dalam waktu dekat ada keputusan, sebelum pemilihan. Pokoknya antara tanggal 3 (hari ini, red) atau 4 Maret,” ungkapnya.

Pengamat Politik Sultra, Dr.Muh.Najib Husain berpendapat mengingat dua fraksi di DPRD Kendari (PDIP dan DKI) belum menentukan sikap, maka menjadi kesempatan berharga bagi kedua calon Wawali untuk membungkus suara mereka dalam sesi tanya jawab dengan dewan hari ini.

“Mereka harus meyakinkan para eksekutor, utamanya fraksi PDIP dan DKI bahwa mereka layak dipilih untuk mendampingi Wali Kota Kendari. Apalagi posisi mereka saat ini berimbang (sama kuat),” kata Najib.

Alumni magister terbaik Universitas Gajah Mada (UGM) itu juga berharap kepada para eksekutor (legislator) agar memanfaatkan sesi tanya jawab hari ini sebagai momen memantapkan arah dukungan. “Mereka (legislator) harus menggeledah kemampuan dari para calon Wawali ini, apakah sudah layak menjadi pendamping wali kota atau tidak. Jangan beli kucing dalam karung,” kata akademisi Fisip Universitas Halu Oleo (UHO) itu. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy