Pendaftaran SBMPTN UHO Dimulai Juni, Peserta Diwajibkan Daftar UTBK – Kendari Pos
Edukasi

Pendaftaran SBMPTN UHO Dimulai Juni, Peserta Diwajibkan Daftar UTBK

Calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN UHO beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Jalur pendaftaran Mahasiswa baru (Maba) melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN) di Unversitas Halu Oleo (UHO) telah ditutup beberapa waktu lalu. Namun, kampus terbesar di Sultra ini masih akan memberi kesempatan bagi lulusan SMA sederajat di Indonesia, termasuk Sultra.

Jalur penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 selanjutnya yang akan dibuka UHO yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Rencananya, pendaftarannya serentak di Indonesia pada Bulan Juni mendatang. Melalui seleksi ini, UHO menyiapkan kuota sebesar 40 persen. Jumlah ini lebih besar dibanding kuota SNMPTN yang hanya menampung 20 persen.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. La Hamimu menuturkan bahwa meskipun jadwal SBMPTN UHO baru akan dibuka pada 2-13 Juni 2020 mendatang. Namun pendaftar terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahap pertama yang akan mulai dibuka pada 30 Maret sampai 11 April, sedangkan untuk UTBK tahap kedua baru akan dibuka pada 14-16 April 2020. “Jadi tahun ini, UTBK itu dihelat dengan dua tahap. Sehingga, Camaba yang mendaftar di UHO melalui jalur SBMPTN bisa mengikuti UTBK lebih dari satu kali,” terangnya, Senin (23/3).

UTBK diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang harus diikuti oleh seluruh peserta SBMPTN. “Salah satu syarat wajib bagi Camaba yang ingin mendaftar di UHO melalui jalur SBMPTN, diwajibkan untuk terlebih dahulu mengikuti UTBK. Sehingga nilai UTBK ini akan digunakan sebagai bahan seleksi,” ungkapnya.

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, UHO juga masih akan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UHO melalui seleksi Ujian Mandiri. Dalam hal ini, La Hamimu menegaskan kepada seluruh orangtua Camaba UHO untuk tidak percaya kepada orang-orang yang mengaku bisa memasukan putranya di UHO. “Perlu kita sampaikan, kalau seleksi masuk di UHO itu dilakukan secara jujur dan transparan,” tukasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy