Pendaftar Beasiswa KIP-K Berakhir Hari Ini – Kendari Pos
Edukasi

Pendaftar Beasiswa KIP-K Berakhir Hari Ini

Mahasiswa UHO saat mengikuti seleksi (wawancara) penerimaan beasiswa bidikmisi beberapa waktu lalu. Mulai tahun 2020 ini, bidikmisi ini berganti nama menjadi KIP Kuliah

KENDARIPOS.CO.ID — Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang diperuntukkan bagi Calon Mahasiswa Baru (CMB) dari keluarga kurang mampu dan berprestasi melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN), maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada seluruh kampus negeri di Indonesia, termasuk Universitas Halu Oleo (UHO) akan berakhir hari ini (31/3).

Wakil I Rektor UHO, Dr. La Hamimu menuturkan KIP K adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA atau sederajat yang memiliki prestasi akademik, tetapi mengalami keterbatasan ekonomi di jenjang perguruan tinggi. “Bagi siswa yang membutuhkan KIP-K dalam mengenyam pendidikanya dibangku kuliah bisa mendaftarkan dirinya secara mandiri dilaman kipkuliah.kemdikbud.go.id,” ungkapnya, kemarin.

Untuk itu, siswa lulusan SMA/SMK sederajat yang berencana melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti UHO masih memiliki kesempatan hingga malam ini. “Setidaknya ini kesempatan yang bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan secara gratis dengan bantuan dari pemerintah,” terangnya.

Melalui portal resmi pendaftaran KIP-K peserta, sistem akan melakukan validasi terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. “Jika dinyatakan berhasil, calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke surat elektronik (e-mail) yang telah didaftarkan. Setelah itu, proses pendaftaran KIP kuliah pun selesai,” tuturnya.

La Hamimu juga menuturkan bagi CMB yang mendaftar di PTN melalui jalur SNMPTN yang juga memerlukan KIP-K diimbau untuk melakukan finalisasi data serta cetak kartu SNMPTN 2020. “Pendaftar KIP-Kuliah tidak akan dikenakan tarikan biaya pendidikan. Bahkan bagi pendaftar SBMPTN dengan menggunakan KIP-K biaya pendaftaran seleksi masuknya juga dibebaskan biaya,” tandasnya.

Sebagai informasi, tahun 2020, Kemendikbud memperluas sasaran beasiswa pendidikan tinggi dengan diberikan kepada 818 ribu mahasiswa melalui KIP Kuliah, termasuk penerima bidikmisi on going sampai masa studi selesai. Untuk tahun 2020, pemerintah akan menargetkan penerima KIP Kuliah sejumlah 400 ribu penerima baru. Selain itu KIP Kuliah juga akan memberi akses kepada pendidikan vokasi. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy