Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19, Gubernur Sultra Siapkan Rp 25 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19, Gubernur Sultra Siapkan Rp 25 Miliar

Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengambil langkah demi menekan penyebaran virus korona atau Covid-19. Saat ini, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk mendanai percepatan penanggulangan dan pencegahan virus mematikan tersebut. Anggaran itu berasal dari dana tak terduga Pemprov Sultra yang masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2020.

Gubernur Sultra, Ali Mazi menjelaskan, bila dana yang disiapkan sebanyak Rp 25 miliar belum mencukupi, maka akan diambilkan dari pos anggaran lain. “Sebelumnya ada Rp 3 miliar disiapkan. Ditambah dana tak terduga sehingga jumlahnya mencapai Rp25 miliar. Tapi kalau masih kurang, misalnya karena ada kebutuhan mendesak, kita akan gunakan APBD,” tegas Ali Mazi di Rujab Gubernur Sultra, kemarin (30/3).

Menurut politisi NasDem itu, soal dana tidak menjadi masalah Pemporv Sultra dalam melakukan pencegahan dan penangananan penyebaran Covid-19. Ia berharap, masyarakat tak perlu khawatir dengan kesiapan anggaran daerah dalam upaya penanggulangan wabah ini.
“Pemerintah kabupaten dan kota se-Sultra, juga siap terkait anggaran. Kalau kurang akan ditambah lagi. Kalaupun ada pihak yang siap membantu mencegah penyebaran virus korona agar segera mengusulkan ke Pemprov,” ucapnya.

Sekerataris Daerah Provinsi (Sekprov) Sultra, La Ode Ahmad P Bolombo mengungkapkan, sesuai Peraturan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri (Kemenadgri), Pemda dibolehkan mengutak-atik APBD. “Kemendagri memperbolehkan atau membebaskan Pemda melakukan relokasi anggaran. Kemudian Peraturan Kementerian Keuangan, dimana peruntukan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan dihentikan dan diperuntukan untuk biaya penanganan covid 19,” jelasnya.

Jadi, menurut Direktur Politik Kemendagri ini soal anggaran bukan masalah. “Hanya melihat urgensinya. Apa yang dibutuhkan. Apakah dana itu sesuai atau tidak. Kemudian pertanggung jawabannya. Kalau memang dibutuhkan untuk dinaikan dana tersebut, bukan berarti kita tidak punya anggaran. Anggaran itu siap kapan saja akan dipakai. Selain itu dasar hukum untuk relokasi itu juga sudah dijamin dengan sejumlah aturan, pemerintah pusat sudah memberikan keleluasaan,” tegasnya. (b/rah/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy