Pemprov Sultra Optimis Pertahankan WTP – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemprov Sultra Optimis Pertahankan WTP

Kabid Akuntansi dan Pelaporan BPKAD Sultra, Ino Supandi

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kembali akan dievaluasi. Sesuai jadwal, batas waktu penyerahan LKPD tahun 2019 tanggal 31 Maret. Tak heran, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra tengah sibuk menyusun catatan atas laporan keuangan. Tidak hanya mencocokan data dengan tiap OPD, namun juga berkoordinasi dengan Inspektorat dalam melakukan review atas laporan yang telah disusun. Tahun ini, Pemprov menargetkan meriah opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tujuh kali berturut-turut.

Kabid Akuntansi dan Pelaporan BPKAD Sultra, Ino Supandi mengatakan LKPD 2019 sedang dalam proses penyusunan. Sejumlah item yang menjadi indikator penilaian terus dilengkapi. Diantaranya, laporan realisasi anggaran, arus kas, laporan perubahan ekuitas, perubahan saldo anggaran lebih, neraca hingga catatan atas laporan keuangan.

“Tidak hanya itu, kami juga menindaklanjuti rekomendasi dan catatan BPK. Salah satunya laporan penyediaan bibit dan tanaman yang menjadi catatan tahun sebelumnya. Kami ingin memastikan semua laporannya benar-benar clear. Dengan begitu, raihan opini WTP dari BPK bisa dipertahankan,” jelas Ino Supandi saat ditemui di kantornya, Rabu (4/3).

Dalam proses penyusunan LKPD, diakuinya tetap menemui kendala. Namun sejauh ini bisa ditangani. Salah satunya, proses pengadaan SMA/SMK sederajat se-Sultra. Itemnya cukup banyak sehingga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) butuh waktu dalam proses penginputan data.

“Alhamdulillah, sudah bisa kita tuntaskan. Dalam rapat dengan bendahara pengeluaran dan pengurus barang seluruh OPD tanggal 3 Maret (dua hari lalu) sudah bisa difinalisasi. Bukan hanya dengan Dikbud, namun juga laporan keuangan OPD lainnya,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya masih menunggu hasil audit atas BUMD yang dilakukan Kantor Akuntan Publik. Namun itu tak menjadi persoalan. Pasalnya, format laporannya telah ada. Pihaknya tinggal menginput datanya. Dalam penyusunan LKPD, pihaknya juga melakukan review paralel dengan Inspektorat. “Saat ini, laporan yang kita susun sedang direview oleh Inspektorat. Kami menargetkan antara tanggal 23 s.d 25 Maret, LKPD-nya sudah bisa diserahkan,” pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy