Pemotongan Sapi di RPH Kendari Turun Drastis – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemotongan Sapi di RPH Kendari Turun Drastis

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi virus korona berdampak pada usaha peternakan di Kendari. Akibat penyebaran virus tersebut, pemotongan sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Kendari menurun drastis hingga 40 persen. Sebelumnya, RPH memotong sekira 21 – 25 ekor sapi per hari. Namun saat ini hanya berkisar lima ekor saja setiap harinya. Itu diungkapkan Kepala RPH Kota Kendari, Romy Yulianto saat dihubungi Kendari Pos, kemarin.

Tampak sejumlah sapi yang ada di RPH Kota Kendari. Akibat wabah korona, pemotongan sapi turun drastis.

Romy mengungkapkan, semenjak pandemi virus korona ini, banyak warga membatalkan acara hajatan dan lainnya. Begitupun para pedagang daging sapi yang sering memesan juga banyak mengcancel pesanannya. “Saat ini, perdagangan daging sapi di Kendari lesu. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari pedagang, mereka mengeluhkan kurangnya

pembeli daging sapi di pasar. Utamanya para pembeli yang memiliki usaha coto. Saat ini tidak terlalu banyak membeli sapi. Permintaan masyarakat yang gelar hajatan juga tidak ada sama sekali,” beber Romy.

Meski permintaan daging sapi menurun, kata Romy, sejauh ini harganya masih stabil. Yakni berkisar Rp.120 ribu per kg. “Harganya masih stabil,” ujarnya. Ia pun mengimbau bagi warga metro yang ingin membeli daging sapi, selain bisa ke pasar tradisional yang ada di Kendari juga bisa datang langsung di RPH Kendari. Ia menjamin daging sapi yang dijual pihaknya sehat dan tidak terkontaminasi virus atau bakteri.

“Sapi yang kami sembelih semuanya sehat. Sebelum disembelih sudah diperiksa dokter hewan yang ada di RPH. Supaya sapi tidak terpapar penyakit, kami rutin melakukan penyemprotan disinfektan. Jadi saya jamin kualitas hewan ternak kami,” jelasnya. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari RPH Kendari, sejak 23 Maret lalu, jumlah pemotongan sapi berkurang menjadi 12 ekor yang semula (22 Maret) masih normal (21 ekor). Kemudian pada 24 Maret turun menjadi 8 ekor, 25 Maret 6 ekor, dan sejak 25 Maret sampai hari ini (kemarin) hanya 5 ekor. Adapun total sapi yang adan di RPH hingga per 30 Maret berjumlah 46 ekor. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy