Pemkot Kendari Tunjuk Bulog Salurkan BPNT – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemkot Kendari Tunjuk Bulog Salurkan BPNT

Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (tiga dari kanan) didampingi Kepala Bulog Sultra, Ermin Tora (dua dari kanan) menyerahkan bantuan sembako kepada salah satu keluarga penerima manfaat kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari menunjuk Bulog Sultra sebagai menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Tahun 2020 ini, sebanyak 8 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Kendari kebagian program yang dulu bernama Beras untuk Rumah Tangga Miskin atau Raskin.

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain mengatakan penunjukan itu tak lepas dari posisi Bulog sebagai lembaga resmi pemerintah yang memang sudah menjadi tugas utamanya yakni memfasilitasi terhadap kegiatan pemerintah dibidang manajemen logistik pengelolaan, pengelolaan peesediaan dan distribusi beras.

“Kualitas beras bulog saat ini sudah baik. Penyaluran yang dilakukan oleh bulog tentunya juga membantu petani kita usai panen. Karena berasnya langsung disalurkan kepada masyarakat. Jadi petaninya aman, para KPM-nya juga terpenuhi kebutuhan pangannya,” kata H. Sulkarnain dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Program Sembako Tingkat Kota Kendari di Same Hotel kemarin.

Selain itu, lanjut Sulkarnain, pihaknya menunjuk bulog sebagai penyalur dikarenakan perusahaan pelat merah itu telah memenuhi unsur 6T yang dipersyaratkan pemkot kepada penyalur. 6T yang dimaksud adalah tepat sasaran, tepat waktu, tepat kuantitas, tepat administrasi dan tepat guna. “Itu jadi patokan kita. Saya yakin bulog bisa menyalurkan beras ini dengan baik,” kata Sulkarnain.

Di tempat yang sama, Kepala Bulog Divre Sultra, Ermin Tora menyambut baik ditunjuknya pihaknya sebagai lembaga penyalur beras untuk KPM di Kendari. Menurutnya, upaya yang diambil pemkot ini sangat tepat dikarenakan susah sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2015 tentang kebijakan pengadaan gabah/beras dan penyaluran beras oleh pemerintah. “Sudah tepat kalau kami yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan,” tuturnya.

Ermin memastikan beras yang nantinya akan disalurkan kepada KPM, merupakan beras yang memiliki kualitas baik dan layak untuk dikonsumsi dikarenakan beras yang akan disalurkan adalah beras hasil panen petani lokal. “Berasnya berkualitas baik, karena kami serepnya juga dengan baik. Memperhatikan dengan detail beras hasil panen petani. Misalnya dari tingkat kekeringan gabah, kualitas biji beras hingga kuantitasnya,” kata Ermin.

Nantinya, kata Ermin, pihaknya akan menyalurkan beras bantuan sebanyak 80 ton setiap bulannya kepada para KPM yang berjumlah sekitar 8.000 KPM di Kendari. Jumlah tersebut terbilang masih aman mengingat stok beras yang tersedia digudang bulog saat ini berkisar 5.000 ton.

“Untuk penyalurannya masih aman. Saat ini kita masih punya banyak persediaan. Apalagi bulan Mei nanti kita sudah panen lagi. Otomatis jumlahnya akan bertambah. Perlu diketahui, setiap KPM mendapatkan 10 kg beras setiap bulannya,” kata Ermin. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy