Pemkot Kendari Tiadakan Mudik Gratis – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemkot Kendari Tiadakan Mudik Gratis

Bus Trans Lulo Penumpang Pemkot Kendari. Tiap musim lebaran, bus ini disiagakan untuk mudik gratis. Namun untuk tahun ini ditiadakan. Pandemi korona menjadi salah satu penyebabnya.


KENDARIPOS.CO.ID — Program mudik gratis bagi perantau akan ditiadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Hal ini seiring keluarnya keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari, Muhammad Ali Aksa.

Menurutnya, kebijakan diambil setelah mempertimbangkan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) perihal status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19 yang berlaku selama 91 hari. Terhitung sejak 29 Februari–29 Mei mendatang. “Tahun ini tidak ada mudik gratis,” tegas Ali Aksa, kemarin.

Dibatalkannya program tersebut, lanjut Aksa, berimbas pada 12 moda bus yang rencananya disediakan untuk mengangkut pemudik dari Kendari (terminal) menuju bandara maupun pelabuhan. “Jadi program mudik gratis Pemkot beda dengan daerah lain. Kami sifatnya hanya mengangkut penumpang secara gratis dari terminal menuju bandara atau pelabuhan yang hendak dituju. Itu kami lakukan mulai H-7 dan H+7 lebaran,” jelasnya.

Sebagai pengganti program mudik gratis kata Aksa, Kemenhub melalui Pemprov Sultra dan Pemkot menginstruksikan jajaran untuk fokus dalam penanganan penyebaran Covid-19. “Saat ini kami fokus melakukan penanganan dan pencegahan dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah terminal dan pelabuhan di Kendari. Seluruh kendaraan yang keluar masuk Kota utamanya dikawasan Ranomeeto, Asrama Brimob, Tabanggele, Abeli dan Purirano itu kami sterilkan dengan disinfetan,” bebernya. (c/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy