Pemkot Kendari Siapkan 11 Ribu Masker, 5000 Sudah Disalurkan – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemkot Kendari Siapkan 11 Ribu Masker, 5000 Sudah Disalurkan

KENDARIPOS.CO.ID — Kelangkaan stok masker di pasaran langsung direspon Pemkot Kendari. Selasa (17/3), Pemkot Kendari mendistribuskan masker di seluruh Puskesmas, Selasa (17/3). Upaya ini tak lain untuk memastikan ketersedian stok masker di sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes). Tidak hanya untuk pasien yang didiagnosa terserang ISPA, namun juga tenaga medis. Pembagian masker ini merupakan langkah antisipasi penyebaran virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan akan mendistribusikan masker di Faskes baik RS maupun Puskesmas untuk memastikan ketersediaan stok. Rencananya, sebanyak 11 ribu pcs masker yang akan dibagikan. Hanya saja, belum seluruhnya diterima dari distributor. Makanya, baru 5 ribu pcs masker yang dibagikan. “Kami sudah salurkan 5.000 pcs masker. Rinciannya 4.500 pcs kami bagi merata untuk 15 Puskesmas dan 500 pcs di RSUD Kota Kendari,” kata Rahmingrum, Kepala Dinkes Kendari.

Lanjut dia, masker tersebut nantinya akan diserahkan secara cuma-cuma bagi masyarakat yang datang di Puskemas terdekat. Meski begitu, pihaknya tetap mengutamakan pasien yang datang berobat terutama pasien yang didiagnosa mengidap penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) atau penyakit gangguan pernapasan. “Kami utamakan dulu pasien yang sakit, karena mereka renta terpapar virus tersebut. Kami juga utamakan lansia dan tentunya petugas kami dilapangan yang langsung berhubungan dengan pasien,” jelasnya.

Petugas saat menyalurkan masker pada salah satu Puskesmas.

Adapun alasan pihaknya membagikan masker secara gratis tersebut dikarenakan saat ini ditengah penyebaran virus corona, stok masker diseluruh apotik yangn ada di Kendari kosong. Jikapun ditemukan, harganya sangat mahal yakni dikisaran Rp 90 ribu per pack atau naik tiga kali lipat dari harga awal yakni hanya Rp 30 ribu per pack. “Berdasarkan hasil sidak petugas kami dilapangan sampai dengan hari ini (kemarin, Red), stok masker itu kosong (habis, Red). Jadi pengadaan ini sangat penting ditengah kondisi saat ini,” kata Rahminingrum.

Ia mengungkapkan bahwa masih ada sekitar 6.000 pcs masker lagi yang akan menyusul pekan depan sesuai kesepakatan dengan Kimia Farma selaku penyedia. “Kemarin saat rapat kordinasi kami sudah sepakati untuk penyediaan 11 ribu pcs masker gratis. Dan kedua pihak menuanggupinya (Pemkot – Kimia Farma). Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena pemerintah saat ini sedang berupaya mengadakannya. Begitu juga Hand Sanitizer yang kini langka. Untuk sementara, saya sarankan masyarakat rajin mencuci tangan menggunakan sanun atau pembersih lainnya. Bisa juga membuat larutan Sanitizer sendiri, karena bahan bakunya tersedia di apotik,” kata Rahminingrum. (b/m2/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy