Pemkot Kendari Siap Pertahankan Predikat KLA – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemkot Kendari Siap Pertahankan Predikat KLA

Kepala DP2PA Kota Kendari, Sri Yastin Asrun (paling kiri) didampingi Sekretaris, dr. Asridah (paling kanan) saat mengikuti kegiatan advokasi dan workshop gugus tugas kota layak anak tingkat Kota Kendari di Plaza Inn Kendari kemarin

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari siap mempertahankan predikat Kota Layak Anak (KLA). Tidak hanya melakukan advokasi, Pemkot Kendari mulai mengaktifkan kembali gugus KLA di bawah koordinasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA). Salah satu bentuk kesiapan, Selasa (10/3), DP2PA menggelar advokasi dan workshop gugus KLA di Plaza Inn Hotel Kendari

Kepala Dinas P2PA Kota Kendari, Sri Yastin Asrun mengungkapkan kegiatan advokasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan gugus peran kota layak anak sebagai upaya mempertahankan predikat KLA tahun lalu.

“Kemarin (2019, Red), kami sudah dapat predikat KLA Kategori Madya. Nah, ini momentum yang tepat untuk mempertahankan. Kebetulan gugusnya juga sudah terbentuk dan sudah di SK-kan oleh pak wali (SK Walikota Kendari Nomor 98 Tahun 2020). Sudah jelas pembagian tugasnya. Ada yang mengurusi kelembagaan, kemudian ada yang bertugas mengurusi hak dan kebebasan anak, hingga perlindungannya. Makanya seluruh stakeholder terkait kami undang, mulai dari OPD terkait, para lurah dan camat, kemudian beberapa perwakilan kementerian hingga aparat penegak hukum,” ungkapnya.

Dalam workshop ini, pihaknya menekankan pentingnya peran orang tua dalam melakukan pembinaan terhadap anak. Itu penting dalam rangka mempertahankan KLA tahun ini. “Peran orang tua itu penting. Sebab, ia adalah orang yang paling dekat dengan anaknya. Misalnya saja selalu mengingatkan anaknya bagaimana berperilaku yang baik dan benar. Kemudian mereka (orang tua) dapat memastikan anaknya mendapatkan pendidikan 12 tahun, tidak melakukan kekerasan kepada anak , bahkan orang tua harus bisa mencegah pernikahan usia anak. Itu indikator yang harus kita penuhi supaya bisa meraih predikat KLA,” jelas Sri Yastin Asrun.

Asisten II Pemkot Kendari, Rusnani mengapresiasi pelaksanaan kegiatan. Menurutnya, pihaknya saat ini sudah sepatutnya berkewajiban untuk memenuhi, melindungi dan menghormati hak anak. “Sebenarnya sejak 2011 lalu, kita telah mencanangkan program kegiatan berbasis hak anak melalui upaya pengembangan kota layak anak. Nah kini kita tinggal permantap saja,” jelasnya.

Adapun komitmen Pemkot dalam mewujudkan kota layak anak, kata Rusnani, adalah dengan mewujudkannya berbagai program pembangunan dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Salah satunya dengan mengalokasikan anggaran untuk wahana permainan anak di setiap kecamatan dan kelurahan. “Atas upaya itu, Alhamdulillah kita bisa meraih predikat kota layak anak kemarin (2019, Red). Tahun ini masih berjalan. Mudah-mudahan kita bisa pertahankan predikat ini,” tandasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy