Pemkab Konut Maksimalkan PAD – Kendari Pos
Konawe Utara

Pemkab Konut Maksimalkan PAD

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Konawe Utara (Konut) tak hanya membidik simpul-simpul pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor usaha rumah makan dan perhotelan. Pundi-pundi PAD dari sektor mineral bukan logam dan batuan atau golongan C juga terus dimaksimalkan. Skema pengefektifan penarikan PAD dari sektor itu kini dijalankan pihak Bapenda dengan menerbitkan nota jalan bagi kendaraan roda empat memuat material batu yang akan didistribusikan ke perusahaan.

“Bapenda mengeluarkan nota jalan bekerja sama dengan konsorsium PT Group Karya Perkasa dan PT SIL selaku pembeli batu dari perusahaan pemilik IUP yang beroperasi di Konut,” ujar Kepala Bapenda Konut, Jumadin melalui Kabid Pajak, Asni, SE, kemarin. Ia menjelaskan, bagi kendaraan pemuat batu yang tidak memiliki nota jalan, maka akan ada pencegahan distribusi sementara, sambil mengurus izin yang dikeluarkan Bapenda.

“Nota jalan dikeluarkan sebagai bentuk penertiban pembayaran pajak bagi perusahaan tambang golongan C penunggak pajak. Semoga kebijakan ini berlaku efektif dan memiliki kesadaran untuk membayar dari sektor mineral bukan logam dan batuan,” sambung Asni. Selama ini kesadaran pemilik IUP mineral batuan bukan logam yang beroperasi di Konut, memang masih minim. Pasalnya, tunggakan pajak dari sektor tambang golongan C mencapai miliaran rupiah. Makanya, dengan nota jalan yang dikeluarkan Bapenda, dapat terdeteksi berapa ritase yang didistribusikan ke pembeli batu.

“Kita berharap para pelaku usaha disektor mineral bukan logam memperhatikan kewajibannya membayar pajak. Tunggakan dapat diangsur agar tidak mengalami peningkatan. Kami dari Bapenda Konut sudah cukup memberikan toleransi pada pelaku usaha agar menyelesaikan tunggakan pajaknya,” tandas Asni. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy