Pemkab Konawe Kembangkan Potensi Lokal – Kendari Pos
Konawe

Pemkab Konawe Kembangkan Potensi Lokal

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa membuka Musrenbang tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD Konawe tahun anggaran 2021 di Hotel Nugraha Unaaha, Kamis (12/3).

KENDARIPOS.CO.ID — Sektor pertanian, perikanan dan peternakan menjadi andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dalam menjalankan roda pemerintahan. Selain mampu meningkatkan angka kesejahteraan, tiga potensi lokal itu dinilai berkontribusi besar dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Konawe.

Di tahun 2021 nanti, Pemkab Konawe masih memprioritaskan tiga program unggulan itu, disamping infrastruktur yang juga bakal kian digenjot. Hal itu ditegaskan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, saat kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Anggaran Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Konawe tahun anggaran 2021 di Hotel Nugraha Unaaha.

Kery menegaskan, sektor pertanian, perikanan dan peternakan di Konawe memiliki potensi besar jika dimaksimalkan dengan baik. Sebab itu, lanjut Kery, pemkab masih akan memberi stimulus berupa bantuan-bantuan bagi pengembangan tiga sektor unggulan tersebut.”Lahirlah program-program inovasi bernama sejuta beras, seribu kolam dan sejuta sapi. Tiga program ini tetap jadi fokus kita di tahun depan,” ujar Kery Saiful Konggoasa, Kamis (12/3).

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menambahkan, agenda musrenbang sangat penting untuk membahas rencana-rencana kebijakan yang akan diprogramkan tahun selanjutnya. Beberapa capaian prestasi yang sudah ditorehkan Pemkab Konawe tidak terlepas dari perencanaan matang. Salah satunya, lewat musrenbang.

“Angka pertumbuhan ekonomi kita melebihi Sultra. Itu prestasi yang membanggakan. Semua itu diraih bukan karena kerja saya sendiri. Namun, merupakan akumulasi kerja yang dijalankan semua stakeholder yang ada di Konawe,” ungkap Kery Saiful Konggoasa.

Bupati Konawe dua periode itu menyebut, sebagai pimpinan daerah, ia sangat mendambakan segenap warganya supaya selalu bisa makan, sehat dan tumbuh cerdas. Mewujudkan cita-cita mulia itu, Kery mengaku saat ini terus mengerahkan seluruh kemampuan sumber daya yang ada di Konawe. Niat itupun tak lepas dari predikat yang disandang pemkab Konawe sebagai daerah lumbung pangan di Sultra.

“Saya tidak mau ada ayam yang mati di lumbung padi. Jadi, mari kita program unggulan itu untuk mewujudkan visi Konawe Gemilang. Saya yakin, Konawe Gemilang nantinya akan bertransformasi menjadi Sultra Gemilang,” ungkap Kery.

Selain itu lanjut Kery, disamping tiga program unggulan dalam visi Konawe Gemilang itu, dirinya juga bakal menggenjot akses infrastruktur. Bukan tanpa sebab. Menurut Kery, sarana infrastruktur semisal jalan maupun jembatan sangat diperlukan untuk mendukung mobilisasi hasil-hasil pertanian, perikanan dan peternakan masyarakat Konawe.

“Kita target tahun ini 80 persen infrastruktur sudah rampung. Misalnya, perbaikan akses jalan di kecamatan Puriala dan di beberapa wilayah lain. Mudah-mudahan anggaran kita bisa mencukupi untuk menggenjot infrastruktur,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konawe, Munawar Taligana menyebut, kegiatan musrenbang sangat penting dalam rangka optimalisasi pembangunan daerah. Tahapan perencanaan, katanya, menjadi salah satu mata rantai dalam suatu proses pembangunan. Oleh karena itu, perencanaan yang dilakukan harus cermat dan akurat untuk menyusun RKPD sesuai visi misi Bupati Konawe sesuai RPJMD Konawe tahun 2018-2023.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy